Kompas TV nasional update corona

Pasien Covid-19 di Rumah Sakit 4 Provinsi Ini Meningkat, Satgas Sebut Penyebabnya Karena Kerumunan

Kompas.tv - 24 November 2020, 08:06 WIB
pasien-covid-19-di-rumah-sakit-4-provinsi-ini-meningkat-satgas-sebut-penyebabnya-karena-kerumunan
Ilustrasi seorang dokter membawa pasien Covid-19 ke ruang ICU di Rumah Sakit Varese Circolo, Varese, Italia, Jumat, 6 November 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit di empat provinsi yakni Banten, Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Tengah meningkat.

Baca Juga: Rumah Sakit Penuh, Satgas Covid-19 sewa Hotel untuk Pasien OTG

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo sesaat setelah rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11/2020).
 
Menurut Doni, lonjakan pasien Covid-19 pada keempat provinsi tersebut disebabkan oleh kerumunan di tempat wisata saat libur panjang pada akhir Oktober.

"Sejumlah RS di Banten dan juga di Jawa Barat serta Jawa Tengah mengalami peningkatan sudah di atas 70 persen untuk ruang ICU. Sedangkan Jakarta, angka keterisian ruang ICU mencapai 69,5 persen. Tetapi ini pun harus bisa kita upayakan untuk tidak bertambah lagi," kata Doni 

Doni menjelaskan, hal itu diperparah dengan kerumunan di Bandara Soekarno-Hatta saat penjemputan Pimpinan FPI Rizieq Shihab dan acara Rizieq selainnya di Petamburan, Jakarta Barat, serta Megamendung, Kabupaten Bogor.
 
Di sisi lain, lanjut Doni, penanganan Covid-19 di Indonesia menunjukkan hasil yang cukup baik lantaran beberapa indikator berada di bawah rata-rata angka dunia. 

Baca Juga: Dua Jenazah DPO MIT Poso Tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Palu

Ia memaparkan, saat ini kasus aktif di Indonesia 12,78 persen sedangkan kasus aktif dunia sebesar 28,43 persen. 

Dengan demikian ada selisih sebesar 15,65 persen antara kasus aktif Indonesia dengan dunia. 

Selain itu angka kesembuhan di Indonesia sebesar 84,03 persen sedangkan rata-rata tingkat kesembuhan dunia sebesar 69,20 persen. 

Dengan demikian tingkat kesembuhan Covid-19 di Indonesia lebih tinggi 14,83 persen dibandingkan rata-rata dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x