Kompas TV nasional aiman

Kasus Djoko Tjandra dan Irjen Napoleon Bonaparte, ICW: KPK Harus Segera Tuntaskan! - AIMAN (Bag 5)

Senin, 23 November 2020 | 21:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Irjen Napoleon Bonaparte, salah satu tersangka dalam perkara dugaan penghapusan red notice Djoko Tjandra, didakwa menerima uang sebesar 200.000 dollar Singapura dan 270.000 dollar Amerika Serikat atau Rp 6,1 miliar. Uang itu diduga diberikan agar Napoleon menerbitkan sejumlah surat, sehingga status Djoko Tjandra sebagai buron terhapus dari sistem milik Direktorat Jenderal Imigrasi. 

Menurut surat dakwaan yang dibacakan jaksa di pengadilan Tipikor, Senin (2/11), semua berawal pada April 2020 ketika Djoko Tjandra menghubungi Tommy Sumardi, rekan sesama pengusaha. Djoko meminta bantuan agar bisa masuk Indonesia untuk mengajukan PK (Peninjauan Kembali) atas kasusnya. Djoko mengaku mendapat informasi bahwa Interpol pusat di Lyon, Prancis, sudah membuka status red notice dirinya. Djoko Tjandra juga bersedia mengeluarkan uang 10 miliar rupiah, bila bisa masuk Indonesia.

Tommy lalu menemui Brigjen Prasetijo Utomo, yang saat itu menjabat sebagai Kepala Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Badan Reserse Kriminal Polri. Prasetijo lalu memperkenalkan Tommy pada Irjen Napoleon Bonaparte, selaku Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri. Pada 16 April 2020, Tommy Sumardi menemui Irjen Napoleon di ruang kerjanya di Mabes Polri. Jaksa mengatakan, saat itu Tommy Sumardi membawa paperbag warna merah tua, tetapi jaksa tidak menyebutkan apa isinya. Keberadaan paperbag belakangan juga diamini oleh mantan sekretaris pribadi Irjen Napoleon di persidangan. Atas semua dakwaan ini, Irjen Napoleon menyatakan keberatan. Jenderal bintang dua ini juga mengungkapkan, akan buka-bukaan terkait kasusnya.

Bagaimana sebenarnya duduk perkara kasus ini? Benarkah paperbag tersebut berisi uang suap? Apakah benar, Irjen Napoleon menerima suap?

Penulis : Anas Surya


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:05
PEMIMPIN MAYORITAS SENAT AS DARI PARTAI DEMOKRAT SCHUMER: SIDANG PEMAKZULAN DONALD TRUMP DIMULAI 8 FEBRUARI 2021   IRAN MEMINTA JOE BIDEN CABUT SANKSI YANG DITERAPKAN DONALD TRUMP UNTUK MENYELAMATKAN KESEPAKATAN NUKLIR 2015   SENAT AMERIKA SERIKAT TUNDA SIDANG PEMAKZULAN MANTAN PRESIDEN DONALD TRUMP SELAMA DUA PEKAN KE DEPAN   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 23 JANUARI 2021 TURUN RP 4.000 MENJADI RP 957.000 PER GRAM   PT BIO FARMA MEMPREDIKSI 4 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 SIAP DIDISTRIBUSIKAN PADA FEBRUARI 2021   KEMENKES: HINGGA SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 132.000 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN COVID-19   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 545 LIANG LAHAT DARI TOTAL KAPASITAS 556 UNIT TPU SRENGSENG SAWAH SUDAH TERPAKAI   POSITIF COVID-19, DONI MONARDO MENGIMBAU MASYARAKAT TETAP WASPADA DAN DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA   PEMPROV DKI TENGAH MENYIAPKAN SEJUMLAH CARA UNTUK MENGATASI KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   WAGUB DKI RIZA PATRIA: PERMASALAHAN KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19 BUKAN HANYA TERJADI DI JAKARTA   TIM DVI RS POLRI: DARI 49 KORBAN YANG TERIDENTIFIKASI, 40 JENAZAH DI ANTARANYA TELAH DISERAHKAN KEPADA PIHAK KELUARGA   HINGGA 22 JANUARI 2021, TIM DVI RS POLRI TELAH MENGIDENTIFIKASI 49 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   PTPN LAPORKAN RIZIEQ SHIHAB KE BARESKRIM POLRI SOAL PENGGUNAAN LAHAN TANPA IZIN PONDOK PESANTREN DI MEGAMENDUNG