Kompas TV regional berita daerah

Dengan Protap Kesehatan, KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Kompas.tv - 23 November 2020, 15:32 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Hari pemilihan 9 Desember 2020 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung mulai melakukan simulasi pemungutan suara. Pemilihan kepala daerah tetap berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya ada hal baru yang wajib dipahami masyarakat.

Dalam simulasi yang digelar pada Sabtu (21/11/2020) lalu, petugas meragakan tahap per tahap yang harus dilakukan para pemilih saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tahap pertama, pemilih yang datang harus mencuci tangan terlebih dahulu dan menggunakan hand sanitizer. Selain itu pengukuran suhu tubuh dan memakai masker juga jadi hal wajib saat berada di TPS.

Baca Juga: Bawaslu Catat 7 ASN Diduga Langgar Netralitas Pilkada Bandar Lampung

Saat mulai melakukan pemilihan, warga menggunakan sarung tangan plastik yang telah disediakan petugas. Pencoblosan juga dilakukan di bilik suara dengan menggunakan alat tusuk sekali pakai. Surat suara juga didisenfeksi sebelum dimasukan ke dalam kotak suara. 

Pemilih juga tak perlu lagi mencelupkan jari ke dalam tinta, melainkan petugas yang akan membantu meneteskan tinta ke jari sebagai tanda warga telah memilih. KPU juga menyediakan bilik khusus bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celsius. 

Baca Juga: Massa Geruduk Bawaslu, Tuntut Usut Dugaan Politik Uang

Sementara bagi pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri, KPU menerapkan sistem jemput bola ke lokasi baik di rumah bagi yang isolasi mandiri atau di rumah sakit bagi yang isolasi dengan perawatan medis. 

#pilkadaserentak2020 #pemungutansuara #KPU 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x