Kompas TV regional berita daerah

Terowongan Unik, Pengguna Jalan Harus Membungkuk Saat Melintas

Kompas.tv - 23 November 2020, 15:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Sebuah terowongan unik di Brebes, Jawa Tengah, viral di media sosial. Para pengendara sepeda motor ini harus membungkuk saat melintasi terowongan. Warga sekitar menyebut terowongan ini dengan nama gedong jimat, berada di Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

Terowongan ini dibuat saat pembangunan jalur kereta api sejak masa penjajahan Belanda. Terowongan atau biasa disebut underpass ini berada di bawah rel kereta api dengan panjang 5 meter, lebar 2 meter dan tinggi kurang lebih 120 sentimeter.

Meski pendek dan sempit, warga setiap hari menggunakan terowongan ini sebagai jalur alternatif menuju kawasan kota dan pasar. Intensitas warga yang melewati terowongan pun semakin banyak, karena jalan utama penghubung desa di wilayah Selatan Ketanggungan ke kawasan kota kecamatan ditutup karena sedang diperbaiki.

"Baru pertama lewat sini, soalnya jauh kalo muter, ini bukan akses utama, harusnya disitu di bawah rel, karena sedang diperbaiki ini dijadikan alternatif" ujar Aris pengguna jalan.

Namun karena viral di media sosial, maka saat ini banyak warga yang mencoba untuk melintasi terowongan pendek ini. Polsek Ketanggungan mengimbau agar warga berhati-hati jika melewati terowongan pendek. Namun sebaiknya pengguna jalan tidak melewati terowongan gedong jimat karena membahayakan

#TerowonganGedongJimat #Brebes #DesaKarangmalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x