Kompas TV regional berita daerah

Pemprov Jabar Punya Cara Kurangi Pengangguran

Kompas.tv - 23 November 2020, 13:34 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS TV –

Dampak Pandemi Covid 19 begitu terasa di berbagai aspek kehidupan, menyebabkan penyerapan tenaga kerja oleh industri berkurang drastic.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2019, pengangguran lulusan SMK di Jawa Barat, berada pada level 13 %, angka tersebut lebih besar daripada level nasional sebesar 8 %.

Meski demikian, sejumlah upaya dilakukan guna menurunkan tingkat penangguran lulusan SMK, dengan memfasilitasi kerja sama antara smk dan industry.

Salah satu upaya lainnya adalah dengan menggelar bursa kerja seperti SMKN 2 Bandung, yang menggelar bursa kerja secara daring, bursa kerja diikuti oleh 9 perusahaan dan 2 lembaga pemagangan, yang dimulai pada 21 hingga 27 November mendatang.

Selain itu, SMKN 2 Bandung juga membuat aplikasi "Pensil Juara", yang memfasilitasi lulusan SMKN 2, mendapat informasi lowongan pekerjaan.

Upaya lainnya untuk meningkatkan daya serap lilusan kepada industry, yakni dengan menerapkan budaya kerja atau industry, program tersebut akan mulai diterapkan saat kegiatan belajar mengajar diberlakukan kembali.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x