Kompas TV internasional kompas dunia

Bisnis Lobster AS Berharap Stabilitas Pasca Era Trump Yang Kisruh

Senin, 23 November 2020 | 00:23 WIB
bisnis-lobster-as-berharap-stabilitas-pasca-era-trump-yang-kisruh
Stephanie Nadeau, pemilik The Lobster Company, tengah memegang lobster. Foto diambil pada Rabu (18/11). (Sumber: AP Photo / Robert F. Bukaty)

PORTLAND, KOMPAS.TV – Boleh-boleh saja jika Presiden Amerika Serikat (AS) petahana Donald Trump mengklaim dirinya sebagai teman para pebisnis lobster di New England. Namun, para anggota industri lobster AS justru mengatakan, mereka mengharapkan sesuatu yang dianggap sangat kurang di bisnis lobster di era Trump ini: stabilitas.

Seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (22/11), perang dagang yang dilancarkan Trump terhadap China berdampak buruk pada industri lobster, yang sebagian besar berbasis di Maine. Trump, yang berkampanye habis-habisan di Maine dan memenangkan suara elektoral di negara bagian ini, menjanjikan bantuan ekonomi dan reformasi lingkungan demi keuntungan bisnis lobster. Partai Republik bahkan menampilkan pebisnis lobster Jason Joyce sebagai salah satu pembicara dalam pertemuan nasionalnya.

Baca Juga: Hilangkan Monopoli Ekspor Benih Lobster, HIPMI Minta Pemerintah Libatkan Asosiasi Dunia Usaha

Namun, yang sesungguhnya dibutuhkan industri lobster adalah kepastian bahwa mereka bisa menjual lobster ke negara-negara lain tanpa tarif yang mengikat leher, kata Stephanie Nadeau, pemilik The Lobster Company di Maine. Ia, juga sejumlah pebisnis lobster lain, berharap bahwa kepastian stabilitas akan datang di bawah Presiden AS terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden.

“Kami tidak bisa berencana. Kami tidak bisa hidup dalam kekisruhan,” keluhnya. “Perang dagang (Trump), akankah itu berlangsung seminggu, sebulan, atau empat tahun?! Bagaimana kami bisa beroperasi dalam ketidakstabilan ini?”

Baca Juga: Perdagangan Benih Lobster Ilegal Kembali Digagalkan

Ekspor lobster AS ke China, yang menjadi pembeli utama hidangan laut, langsung menurun tajam begitu pemerintahan Trump melancarkan perang dagang. Sebagai akibatnya, China memberlakukan tarif mencekik pada lobster AS, dan para eksportir mengalami kerugian lebih dari 80% pada pertengahan 2019 pertama.

Penulis : Vyara Lestari

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:21
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020