Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Rakyat Taiwan Unjuk Rasa Tentang Impor Daging Babi AS

Minggu, 22 November 2020 | 23:10 WIB
ribuan-rakyat-taiwan-unjuk-rasa-tentang-impor-daging-babi-as

Ribuan massa mengusung balon berbentuk babi berwarna merah jambu bertuliskan "Saya babi ractopamine" di Taipei, Taiwan, Minggu (22/11). Massa demonstran menentang keputusan pemerintah yang mencabut larangan impor daging babi asal AS yang mengandung residu ractopamine. (Sumber: AP Photo / Chiang Ying-ying)

TAIPEI, KOMPAS.TV – Ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa di jalanan kota Taipei, Taiwan pada Minggu (22/11) menentang keputusan pemerintah yang mengijinkan impor daging babi asal Amerika Serikat (AS) ke Taiwan. Masalah keamanan pangan menjadi alasan para demonstran.

Agustus lalu, pemerintahan Taiwan di bawah Presiden Tsai Ing-wen telah mencabut larangan impor daging babi dan sapi asal AS yang telah diberlakukan di Taiwan sekian lama. Langkah ini dipandang sebagai salah satu langkah awal menuju kemungkinan negosiasi perjanjian dagang bilateral antara Taiwan dengan AS. Padahal, larangan impor ini dijadwalkan dicabut pada Januari tahun depan.

Baca Juga: Polisi Hentikan Distribusi Daging Babi di Gilimanuk

Seperti dikutip dari Associated Press, keputusan pemerintah Taiwan ini segera menuai reaksi penolakan sengit, baik dari partai oposisi Kuomintang maupun warga negara perorangan. Kebijakan baru ini akan mengijinkan impor daging babi dengan kandungan residu ractopamine yang dapat diterima. Ractopamine sendiri merupakan obat yang ditambahkan pada pakan ternak yang dapat merangsang pertumbuhan daging tanpa lemak yang kerap digunakan oleh sejumlah peternak pada babi peliharaan mereka.

Penggunaan obat ini dilarang oleh Uni Eropa, tetapi legal di AS.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pasutri Jual Daging Babi Oplos Sapi: Sudah 6 Tahun dan Punya Pelanggan Tetap

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:40
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI