Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Rakyat Taiwan Unjuk Rasa Tentang Impor Daging Babi AS

Minggu, 22 November 2020 | 23:10 WIB
ribuan-rakyat-taiwan-unjuk-rasa-tentang-impor-daging-babi-as

Ribuan massa mengusung balon berbentuk babi berwarna merah jambu bertuliskan "Saya babi ractopamine" di Taipei, Taiwan, Minggu (22/11). Massa demonstran menentang keputusan pemerintah yang mencabut larangan impor daging babi asal AS yang mengandung residu ractopamine. (Sumber: AP Photo / Chiang Ying-ying)

TAIPEI, KOMPAS.TV – Ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa di jalanan kota Taipei, Taiwan pada Minggu (22/11) menentang keputusan pemerintah yang mengijinkan impor daging babi asal Amerika Serikat (AS) ke Taiwan. Masalah keamanan pangan menjadi alasan para demonstran.

Agustus lalu, pemerintahan Taiwan di bawah Presiden Tsai Ing-wen telah mencabut larangan impor daging babi dan sapi asal AS yang telah diberlakukan di Taiwan sekian lama. Langkah ini dipandang sebagai salah satu langkah awal menuju kemungkinan negosiasi perjanjian dagang bilateral antara Taiwan dengan AS. Padahal, larangan impor ini dijadwalkan dicabut pada Januari tahun depan.

Baca Juga: Polisi Hentikan Distribusi Daging Babi di Gilimanuk

Seperti dikutip dari Associated Press, keputusan pemerintah Taiwan ini segera menuai reaksi penolakan sengit, baik dari partai oposisi Kuomintang maupun warga negara perorangan. Kebijakan baru ini akan mengijinkan impor daging babi dengan kandungan residu ractopamine yang dapat diterima. Ractopamine sendiri merupakan obat yang ditambahkan pada pakan ternak yang dapat merangsang pertumbuhan daging tanpa lemak yang kerap digunakan oleh sejumlah peternak pada babi peliharaan mereka.

Penggunaan obat ini dilarang oleh Uni Eropa, tetapi legal di AS.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pasutri Jual Daging Babi Oplos Sapi: Sudah 6 Tahun dan Punya Pelanggan Tetap

Penulis : Vyara Lestari

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:39
IRAN KELUARKAN UU UNTUK TINGKATKAN KEMAMPUAN NUKLIR DAN CEGAH INSPEKSI PBB   JEPANG HENDAK MELARANG PENJUALAN MOBIL BARU BERBAHAN BAKAR BENSIN MULAI 2035   SEJUMLAH PETUGAS MEDIS DI AS ENGGAN JADI PIHAK PERTAMA YANG TERIMA VAKSIN KORONA MESKI TELAH MENDAPAT JAMINAN DARI FDA   SEBANYAK 238 MAHASISWA POSITIF KORONA, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT BALI JADI KLASTER PENULARAN BARU   PVMBG SEBUT ERUPSI GUNUNG SEMERU TAK AKAN MEMICU ERUPSI GUNUNG-GUNUNG API LAIN DI INDONESIA   RSUD JOMBANG, JAWA TIMUR, MENGALAMI KELEBIHAN KAPASITAS PASIEN KORONA   POLDA BANTEN AKAN EVALUASI JAJARAN HINGGA TINGKAT KE BAWAH PASCA-KERUMUNAN PENONTON SEPAK BOLA DI SERANG   PEMKOT TANGERANG AKAN TAMBAH RUMAH SINGGAH ISOLASI PASIEN KORONA   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA LEMBAGA NEGARA TIDAK MENONJOLKAN EGO SEKTORAL SELAMA MASA KRISIS AKIBAT PANDEMI KORONA   MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO DITUNJUK SEBAGAI MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN AD INTERIM   KEPALA SUKU DINAS PENDIDIKAN WILAYAH I JAKARTA TIMUR ADE YULIA NARUN MENINGGAL DUNIA AKIBAT TERINFEKSI KORONA   WAKIL KETUA KOMISI II DPR SAAN MUSTOPA SEBUT TAK ELOK DPRD DKI USULKAN KENAIKAN GAJI DI TENGAH PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI SIAP MENERBITKAN PERATURAN BARU TENTANG PENYANDANG DISABILITAS JIKA MENDESAK DIPERLUKAN   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PERLINDUNGAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS HARUS BERDASARKAN HAM