Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Hiu Tewaskan Seorang Pria di Australia

Minggu, 22 November 2020 | 21:05 WIB
serangan-hiu-tewaskan-seorang-pria-di-australia
Foto udara yang diambil pada 24 Juni 2014 ini memperlihatkan pesisir Pantai Cable dan kota Broome di Australia Barat. Seorang pria tewas akibat serangan hiu di perairan pantai ini pada Minggu (22/11). (Sumber: Kim Christian / AAP Image via AP)

SYDNEY, KOMPAS.TV – Seorang pria tewas setelah diserang seekor hiu di negara bagian Australia Barat di dekat Broome – sekitar 1.600 kilometer dari Perth, kota terbesar di Australia Barat – Minggu (22/11). Ia merupakan korban tewas ke-8 akibat serangan hiu di Australia tahun ini.

Associated Press melaporkan, polisi segera dipanggil ke lokasi kejadian di Pantai Cable, sebuah lokasi wisata populer di pesisir Australia yang berhadapan dengan Samudera Hindia, pada sekitar pukul 8:40 pagi waktu setempat. Para petugas polisi berupaya menangani luka-luka korban. Sayangnya, korban yang menderita luka serius akibat gigitan hiu itu meninggal sebelum ambulans datang.

Kepolisian Australia menyatakan, mereka sempat menembaki hiu yang telah menyerang korban yang terlihat di perairan dekat pantai selama hampir setengah jam setelah peristiwa itu terjadi. Warga setempat mengatakan, hiu penyerang itu kemungkinan hiu macan, yang kadang-kadang terlihat memburu kawanan ikan kecil di dekat pantai.

Inspektur Polisi Kantor Distrik Kimberley Gene Pears mengatakan pada para wartawan bahwa korban tengah berselancar menggunakan papan body board sekitar 30 – 40 meter dari pantai saat ia diserang. Dua orang warga yang tengah berada di pantai menyaksikan serangan itu dan segera menarik korban keluar air. Akibat gigitan hiu, korban menderita luka serius di bagian kaki dan lengan.

“Ini merupakan insiden tragis, tak terduga sama sekali, (terhadap) seseorang yang tengah bersenang-senang di air,” ujar Pears.

Para penjaga pantai segera menutup pantai dan mengirim sebuah tim dalam sebuah kapal penangkap ikan untuk berpatroli di sekitar lokasi kejadian.

Jumlah korban akibat serangan hiu sebanyak 8 orang tewas tahun ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 1929, yang memakan 9 korban tewas. Pemasangan jaring untuk menangkal hiu di pantai-pantai populer di Australia pada tahun 1930an terbukti menurunkan jumlah korban serangan hiu.  

Penulis : Vyara Lestari

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:25
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020