Kompas TV nasional peristiwa

Jubir: Jusuf Kalla Tak Pernah Mendanai Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

Kompas.tv - 22 November 2020, 15:12 WIB
jubir-jusuf-kalla-tak-pernah-mendanai-kepulangan-rizieq-shihab-ke-indonesia
Wakil presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA - KOMPAS.TV - Juru bicara (jubir) Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menepis tudingan bahwa JK ikut berkomunikasi dan mendanai kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Menurut Husain, wakil presiden ke-10 dan ke-12 itu tidak memiliki hubungan sama sekali soal kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia, sebagaimana ramainya tudingan pada cuitan di media sosial twitter.

Lebih lanjut, Husain menegaskan bahwa JK tidak pernah mengomunikasikan maupun mendanai kepulangan HRS dan keluarganya ke Indonesia.

Baca Juga: Jusuf Kalla Dituding Jadi Pemodal Kepulangan Rizieq Shihab, Jubir Bantah Keras

“Pak JK tidak pernah mengkomunikasikan atau pun mendanai kepulangan HRS (Habib Rizieq Shihab)” sebut Husain Abdullah dalam pesan tertulis kepada Tribunnews, Minggu (22/11/2020).

Husain mengatakan, sejumlah buzzer saat ini sedang membangun opini negatif terhadap JK sejak kepulangan HRS ke Indonesia.

"Tuduhan yang bermula dari cuitan Ferdinand Hutahaean pada akun Twitter-nya yang sebelumnya dalam suatu dialog di tvOne dengan saya, Ferdinand terbukti tidak mampu membuktikan kebenaran cuitannya itu," ujar Husain Abdullah.

Kebohongan Ferdinand, kata Husain, kemudian dijadikan dasar opini oleh para buzzer untuk membangun kebohongan baru.

Husain menambahkan, perjalanan JK ke Vatikan dan Mekkah pada 20-25 Oktober 2020 lalu sebenarnya untuk menemui Pemimpin Umat Khatolik Paus Fransiskus dalam rangka penjurian pemberian gelar Sayeed Award for Human and Fraternity.

Kegiatan tersebut digagas oleh Paus Fransiskus dengan Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmad Al Tayeb.

JK di Vatikan Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla bertemu Pemimpin Umat Khatolik Paus Fransiskus di Vatikan dalam rangka penjurian pemberian gelar Sayeed Award for Human and Fraternity.

"Dalam kapasitas Pak JK sebagai juri mewakili Asia atas penghargaan tersebut, bersama empat juri dari benua berbeda merasa perlu bertemu langsung dan berdiskusi tentang kriteria nominator untuk penghargaan ini," sebut Husain Abdullah.

Baca Juga: Jusuf Kalla Singgung Kekosongan Pemimpin Terkait Rizieq Shihab


Setelah bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, menurut Husain, JK melanjutkan perjalanan ke Riyadh Saudi Arabia, menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama Pembangunan Museum Rasulullah Muhammad SAW yang akan dibangun di Jakarta.

"Saya juga mengingatkan para buzzer untuk tidak mengotori rangkaian perjalanan ini dengan narasi menyesatkan tanpa dasar dan bukti. Karena perjalanan Pak JK murni untuk kemanusiaan dan ibadah," tegas Husain. (Iman firdaus)

Baca Juga: Soal Habib Rizieq, JK: Ada yang Salah dengan Sistem Demokrasi Indonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.