Kompas TV video cerita indonesia

[FULL] Isi Pidato Presiden dalam G-20

Kompas.tv - 22 November 2020, 13:13 WIB
Penulis : Abdur Rahim

BOGOR, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi G-20 yang diselenggarakan secara online.

Penyelenggaraan KTT G-20 tahun 2020 ini dipimpin oleh Raja Salman  Arab Saudi.

Pertemuan tersebut mengambil tema upaya mengatasi pandemi dan memulihkan pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Dikutip dari pernyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden menyampaikan dua hal penting dalam penanganan Covid-19.

Pertama, Presiden menyebut pentingnya pendanaan bagi pemulihan kesehatan dunia. Dunia tidak akan sehat, kecuali seluruh negara sudah sehat.

Salah satu cara untuk sehat adalah dengan menggunakan vaksin.

“Vaksin harus dapat diakses dan tersedia bagi semua negara, tanpa terkecuali”, ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden (21/11).

Baca Juga: Sri Mulyani Curhat 2 Kali Wisuda Yang Tak Dihadiri Orang Tua

Selain itu, hal kedua yang disampaikan Presiden  berkaitan dengan pentingnya pemulihan ekonomi untuk menyelamatkan dunia dari dampak resesi global.

Secara spesifik Presiden mengatakan bahwa negara berkembang membutuhkan bantuan yang lebih untuk dapat selamat dari pandemi Covid-19 ini, seperti mendapatkan bantuan fiscal space.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada dua poin penting yang dibutuhkan negara berpenghasilan rendah.

“Bantuan restrukturisasi hutang untuk negara berpendapatan rendah, terutama dari negara pemberi hutang yang besar.  Restrukturisasi hutang ini juga harus dibarengi dengan ditingkatkannya manajemen hutang” ungkap Retno.

“Pentingnya dilakukan dukungan ekstraordinary kebijakan fiskal, moneter, kebijakan sektor keuangan”, tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x