Kompas TV video cerita indonesia

Panglima TNI: Setiap Negara Merasa Perlu Mengatur Dunia Maya

Kompas.tv - 21 November 2020, 23:49 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan media sosial memiliki peranan penting dalam menciptakan propaganda sebuah bangsa.

"Dengan penggunaan dan jangkauan yang luas, medsos bisa digunakan efektif untuk perang informasi dan perang ideologi," tambahnya.

Hadi mengkhawatirkan jika informasi yang disebar dengan cepat itu merupakan isu sensitif. Menurutnya, hal tersebut bisa menimbulkan provokasi di masyarakat.

"Bahasa yang digunakan biasanya bahasa provokatif, semua ditujukan untuk membangkitkan emosi masyarakat," ujar panglima TNI.

Baca Juga: Panglima TNI: Peran Pemuda di Dunia Maya untuk Membangun Indonesia Lebih Maju

Hadi melanjutkan, isu sensitif yang diangkat dengan bahasa provokatif tersebut mampu membuat masyarakat menjadi terkotak-kotak hingga dibenturkan satu sama lainnya.

Menurut Hadi, jika hal ini terus terjadi maka masyarakat akan terpolarisasi. Meski demikian, ia mengakui ada elemen masyarakat yang tidak mudah termakan informasi propaganda.

Di sisi lain, ia juga mengatakan, ada banyak masyarakat yang terhasut dan akan mereplikasi pesan, bahkan ikut membuat pesan propaganda semakin besar.

Jika hal ini terus dilakukan, kata dia, mampu menimbulkan politik identitas yang sempat digunakan penjajah kepada bangsa.

Baca Juga: Panglima TNI: Dunia Maya, Media Propaganda dan Politik Identitas

"Politik identitas kembali marak digunakan, sejak beberapa tahun belakangan karena dinilai mudah menggerus masyarakat dan mudah meraih dukungan," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menilai bahwa aksi propaganda lewat media sosial bahkan lebih efektif daripada perlawanan bersenjata yang dilakukan terhadap pemerintah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x