Kompas TV klik360 cerita indonesia

Panglima TNI: Dunia Maya, Media Propaganda dan Politik Identitas

Sabtu, 21 November 2020 | 23:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menilai media sosial kini telah dimanfaatkan juga sebagai media propaganda.

Ia menyebut politik identitas yang juga merupakan bahasa keren dari teknik propaganda, karena dengan politik identitas, kepercayaan masyarakat dapat tergerus dan menjadi mudah meraih dukungan.

Hal ini dijelaskan Panglima TNI saat menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema “Sinergi Anak Bangsa dalam menjaga keutuhan Bangsa dan negara dari Aksi Separatisme di Dunia Maya

"Langkah semacam itu merupakan propaganda untuk memecah belah. Dalam bahasa kerennya kita sebut sebagai politik identitas. Politik identitas inilah yang sejatinya digunakan oleh penjajah untuk mengadu domba bangsa kita sehingga tidak bersatu dan mudah dijajah di masa lalu. Politik identitas ini kembali marak digunakan sejak beberapa tahun belakangan ini karena dinilai mudah untuk menggerus kepercayaan masyarakat dan mudah untuk meraih dukungan,"ujar Panglima.

Dalam hal ini ia mengambil contoh propaganda di media sosial yang bertujuan dalam memisahkan diri dari NKRI marak terjadi.

Ia berpendapat dengan memanfaatkan dunia maya, aksi ini dinilai lebih efektif dibandingkan perlawanan bersenjata.

“Aksi propaganda yang dilakukan di dunia maya ditujukan untuk memperoleh dukungan internasional atas perjuangan kelompok separatis. Aksi ini dinilai lebih efektif dibandingkan perlawanan bersenjata yang mereka lakukan terhadap pemerintah”,ujar Hadi

Panglima mengatakan tindakan separatis ini harus diantisipasi, karena dapat dikhawatirkan bisa membentuk opini negatif terhadap pemerintah, sehingga bisa membuat kesalahan pandangan terhadap isu sebenarnya dan menguatnya pendukung gerakan separatis itu sendiri di dalam dan luar negeri.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA


BUMN

Dirumorkan Lenyap, Ini Peta Konsumsi BBM Premium

Selasa, 24 November 2020 | 08:16 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:37
KPU GUNUNG KIDUL DISTRIBUSIKAN LOGISTIK ALAT PELINDUNG DIRI (APD) KE TPS    PEMKOT SOLO TETAPKAN UPAH MINIMUM KOTA TAHUN 2021 SEBESAR RP 2.013.810 ATAU NAIK 2,94 PERSEN   KEMENPAN RB: SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA BISA DIIKUTI GURU HONORER BERUSIA 20-59 TAHUN   KEMENPAN RB MENCATAT 174.077 FORMASI GURU DIUSULKAN PEMDA JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   KEMENTERIAN PUPR ALOKASIKAN RP 52,5 MILIAR UNTUK PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA DI KALTARA   KEMENDIKBUD SEBUT BANTUAN SUBSIDI UPAH BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN NON-PNS MULAI DISALURKAN   MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRANOWO SOROTI ASPIRASI NELAYAN INDONESIA DI AS   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI IMBAU WARGA SURABAYA GUNAKAN HAK PILIHNYA DI PILKADA 2020   BANTAH 50 ORANG POSITIF COVID-19 KARENA MAULID NABI DI TEBET, CAMAT TEBET: ITU HASIL TES RUTIN BIASA   MENDAGRI: PEMILIH HARUS LANGSUNG PULANG SETELAH MENCOBLOS, JANGAN BERKUMPUL DI TPS   MENKEU SRI MULYANI TEKANKAN PENTINGNYA KETERSEDIAAN VAKSIN COVID-19 BAGI DUNIA UNTUK DORONG PEMULIHAN EKONOMI   MENHUB AJAK GENERASI MUDA CIPTAKAN INOVASI DI MASA PANDEMI GUNA DORONG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL   KEMENTERIAN KESEHATAN BERHARAP MASYARAKAT TERBUKA TERHADAP PELACAKAN KONTAK TERKAIT COVID-19   KETUA MPR MINTA PEMERINTAH HATI-HATI SOSIALISASIKAN MANFAAT VAKSIN COVID-19 KEPADA MASYARAKAT