Kompas TV nasional berita kompas tv

Rizieq Shihab dari Tokoh Agama ke Politik, Pengamat: Ada Upaya Cari Pemimpin di 2024

Sabtu, 21 November 2020 | 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari menilai jika ada upaya untuk memperluas spektrum dari sosok Rizieq Shihab dari seorang tokoh agama menjadi tokoh politik.

Perluasan spectrum ini dimaksud ada upaya untuk ke arah memimpin Indonesia pada 2024.

“Retorika-retorika Rizieq Shihab sendiri kan juga banyak berbau politik begitu dan yang jadi sasaran tembak adalah aparat-aparat pemerintah atau misalnya disebut TNI, Polisi, densus 88, atau misalnya individu misalanya acara di Petamburan kemarin ada doa agar Jokowi, Megawati, dikasih umur pendek. Jadi saya rasa ada upaya ke sana,” ujar Qodari.

Qodari menilai ada pihak-pihak berusaha membuka ruang pembicaraan mengenai kepemimpinan pada 2024.

Kemunculan dukungan terhadap Rizieq Shihab dinilai wakil presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla, karena adanya kekosongan kepemimpinan yang mampu menyerap aspirasi masyarakat.

Jusuf Kalla yang berbicara dalam sebuah acara diskusi virtual menjelaskan persoalan tentang Habib Rizieq ini.

"Kenapa masalah Habib Rizieq begitu hebat permasalahannya, sehingga polisi, tentara turun tangan sepertinya kita menghadapi sesuatu yang goncangan. Kenapa itu terjadi?" kata Kalla dalam diskusi bertajuk Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Membangun Demokrasi yang Sehat, secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Berkaitan dengan indikator bahwa sistem demokrasi yang berjalan di Indonesia perlu diperbaiki.

Jusuf Kalla menilai ada kekosongan kepemimpinan yang mampu menyerap aspirasi  masyarakat.

"Ini menurut saya karena ada kekosongan pemimpin, pemimpin yang menyerap aspirasi masyarakat," tutur dia.

Lebih lengkap, simak dialog bersama dengan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari. 

Penulis : Reny Mardika


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:51
MULAI 5 FEBRUARI 2021, PENGECEKAN COVID-19 DENGAN GENOSE TERSEDIA DI STASIUN GAMBIR DAN YOGYAKARTA    PEMPROV DKI TARGETKAN TPU ROROTAN, JAKARTA UTARA, KHUSUS JENAZAH PASIEN COVID-19 BISA DIGUNAKAN FEBRUARI 2021   KETUA BANGGAR DPR HARAP PERPANJANGAN DANA OTONOMI KHUSUS PAPUA HINGGA 20 TAHUN DAPAT LEBIH DIOPTIMALKAN   BUPATI BOGOR GANDENG PEMUKA AGAMA YAKINKAN MASYARAKAT KEHALALAN VAKSIN COVID-19   PEMKOT JAKARTA PUSAT SIAPKAN TENAGA KESEHATAN UNTUK PANTAU WARGA POSITIF COVID-19 YANG ISOLASI DI LIMA GOR   HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA SIAP DAMPINGI PETANI TINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN   BNPB TARGETKAN PENYELESAIAN DAMPAK GEMPA SULAWESI BARAT SELESAI ENAM BULAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DAN 3T HARUS KITA LAKUKAN BERSAMA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA EVALUASI PROGRAM PENGENDALIAN PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 LEWATI 1 JUTA, MENKES: RAKYAT DAN PEMERINTAH HARUS KERJA SAMA ATASI PANDEMI   TEKAN PENYEBARAN COVID-19, PEMKAB SIDOARJO TUTUP ALUN-ALUN DAN TAMAN   KPK DALAMI ALIRAN UANG DALAM KASUS DUGAAN SUAP PENGURUSAN PROYEK DI KABUPATEN INDRAMAYU   WAGUB DKI: JUMLAH TEMPAT TIDUR DI RS RUJUKAN COVID-19 AKAN DITAMBAH MENJADI 50 PERSEN DARI KAPASITAS RS   WAGUB DKI: TANPA WARGA LUAR JAKARTA, OKUPANSI RS DI JAKARTA HANYA 60 PERSEN