Kompas TV olahraga kompas sport

Ricky Yacobi, Legenda Timnas yang Pertama Berkarier di Liga Jepang

Kompas.tv - 21 November 2020, 14:20 WIB
ricky-yacobi-legenda-timnas-yang-pertama-berkarier-di-liga-jepang
Legenda timnas Indonesia, Ricky Yacobi. (Sumber: Kompas.com/Jalu W Wirajati)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Striker legendaris timnas Indonesia Ricky Yacobi meninggal dunia di Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta, pada Sabtu (21/11/2020).

Ricky Yacobi dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo setelah mengalami serangan jantung saat bermain sepak bola pada ajang Trofeo Medan Selection di Lapangan A Senayan, Jakarta

Ricky Yacobi merupakan pesepak bola nasional pertama yang merumput di Liga Jepang atau J-League. Dia berkarier di Liga Jepang bersama Matsushita Electric FC, klub yang merupakan cikal bakal terbentuknya Gamba Osaka.

Ricky Yacobi direkrut Matsushita Electric FC pada 1988, menyusul penampilan apik bersama Arseto Solo dan timnas Indonesia di Asian Games 1986. Namun, perjalanan karier Ricky Yacobi bersama Matsushita tidak berlangsung lama.

Berdasarkan pemberitaan Tribunnews pada 19 Juli 2012, Ricky Yacobi tidak mampu beradaptasi dengan cuaca dingin di Negeri Sakura. Dia pun hanya memainkan empat pertandingan dengan torehan satu gol.

Kendati demikian, Ricky Yacobi tetap dikenal sebagai pionir invasi pemain Indonesia ke liga-liga di luar negeri. Ekspor pemain Indonesia ke luar negeri kemudian sempat ramai pada medio 1990-an.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.