Kompas TV nasional berita kompas tv

Harapan Jokowi di Hari Anak Sedunia: Nilai Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini

Kompas.tv - 21 November 2020, 11:09 WIB
harapan-jokowi-di-hari-anak-sedunia-nilai-pancasila-harus-ditanamkan-sejak-dini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam acara Resepsi Milad 108 Muhammadiyah yang digelar secara virtual dan serentak di berbagai wilayah di Indonesia, Rabu (18/11/2020). (Sumber: istanapresiden.go.id)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo berharap nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dapat ditanamkan pada anak-anak Indonesia sejak kecil. Menurutnya, dengan menanamkan Pancasila, anak-anak mempunya akhlak yang baik, memiliki sopan santun dan menghargai pendapat orang lain.

“Nilai-nilai Pancasila ideologi bangsa harus terus ditanamkan ke anak anak kita sedini mungkin anak-anak kita harus berakhlak baik memiliki sopan santun dan mau menghargai pendapat orang lain bersaudara dalam perbedaan agama, perbedaan suku, dan golongan saling tolong menolong, toleransi dan saling peduli,” ujar Presiden Joko Widodo dalam acara 30 tahun Indonesia Meratifikasi Konvensi Hak Anak dan Peringatan Hak Anak Internasional pada Jumat (20/11/2020).

Menurut Presiden nilai-nilai seperti berakhlak baik, sopan santun, meghargai pendapat orang lain dan bertoleransi harus menjadi karakter anak Indonesia.

“Nilai-nilai tersebut harus masuk menjadi karakter, menjadi perilaku dari anak anak kita. Oleh karena itu nilai-nilai tersebut tidak cukup hanya di ceramahkan tapi nilai-nilai tersebut harus di internalisasikan ke dalam hati dan pikiran anak anak,” tambah Presiden Jokowi.

Hari Anak Sedunia diperingati setiap 20 November. Dalam kesempatan ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila juga meluncurkan Pancamain yang diresmikan oleh Presiden Jokowi secara virtual.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.