Kompas TV regional berita daerah

Perekonomian Kalsel Triwulan III 2020 Terkoreksi Lebih Dalam, BI : Prospek Membaik di Tahun 2021

Sabtu, 21 November 2020 | 00:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat perkembangan perekonomian di Kalsel pada triwulan III tahun 2020 mengalami kontraksi lebih dalam sebesar -4.68% (yoy) dibanding triwulan II 2020 sebelumnya yang terkontraksi sebesar -2.63% (yoy).

Data tersebut diungkapkan Bank Indonesia Kalsel saat melaksanakan Pelatihan Wartawan Ekonomi Tahun 2020 pada sebuah hotel di Kota Banjarmasin, kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Ketua Dewan Pers : Pebisnis dan Perusahaan Media Jangan Enggan Adopsi Sistem Digital

Menurut Asisten Analis Kelompok Perumusan KEKDA Wilayah dan Provinsi Kpw BI Kalsel, Annisa Elma Nabila, kontraksi dipengaruhi pelemahan dari sisi domestik dan eksternal diantaranya dua sektor paling terkontaksi yaitu investasi dan kinerja ekspor.

Dimana investasi berada di -3.40% pada dan ekspor -23.07%.

“Dimana tahun ini nilai realisasi investasi kita hanya 5,6 trilyun jauh berbeda dengan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai 11,1 trilyun,” terang Elma.

Meski demikian jika dihitung secara kuartalan, perekonomian Kalimantan Selatan  justru telah menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 3.26% (qtq) setelah sempat terkontraksi 0.04%. (qtq).

Penguatan tersebut didorong perbaikan kinerja domestik dan sektor utama.

“Tapi memang kalau kita mau cek dan lihat secara kuartalan, ekonomi Kalsel ini sudah tumbuh positif sebesar 3,26% (qtq),” Lanjut Elma.

Baca Juga: 32 Atlet Anggar Banjarmasin Berangkat Ikuti Kejuaraan Provinsi Tahun 2020

Bank Indonesia Kalsel juga menyatakan prospek pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan akan membaik di tahun 2021 yang ditunjang oleh meningkatnya konsumsi rumah tangga pasca pandemi covid-19, konsumsi pemerintah, dan investasi.

Penulis : KompasTV Banjarmasin


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:28
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID