Kompas TV regional berita daerah

Tetap Produktif Meski Di Rumah, Manfaatkan Waktu Luang Dengan Aneka Kerajinan

Kompas.tv - 20 November 2020, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN, KOMPAS.TV –  Banyak warga yang harus kehilangan pekerjaan atau peluang usaha karena pandemi Covid-19. Namun kegigihan dan kejelian warga di Madiun, Jawa Timur ini patut untuk dicontoh. Mereka justru mampu memanfaatkan banyaknya waktu luang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Puguh Sutrisno menjadi korban pengurangan tenaga kerja di tempatnya bekerja akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya, warga Jalan Bawono Mulyo, Kelurahan Rejomulyo, Kota Madiun ini, adalah seorang sopir.

Namun setelah kehilangan pekerjaanya, Sutrisno justru mendapat banyak waktu luang untuk menekuni kembali hobinya. Berbekal ilmu yang diperoleh secara otodidak, ia berhasil merakit sejumlah pesawat mainan seperti pesawat tempur maupun pesawat boeing.

Untuk membuat satu pesawat aeromodeling ini, Sutrisno membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari dengan bahan polyfoam sebagai kerangka atau badan pesawat. Sementara kelistrikan atau mesin penggerak pesawat dibelinya dari situs jual beli online. Pesawat aeromodeling ini mampu  terbang dan bermanuver dengan tenaga baterai dan dikendalikan melalui remot kontrol. 

Kini Puguh Sutrisno justru mampu meraup pundi-pundi rupiah dari hobinya tersebut. Satu pesawat aeromodeling karya Sutrisno dibandrol dengan harga 2 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung model dan kualitas kelistrikan atau penggeraknya.

Baca Juga: Jeli Melihat Peluang Di Tengah Pandemi, Hasilkan Omzet Jutaan Rupiah

Memanfaatkan waktu luang karena pandemi Covid-19 juga dilakukan oleh Jumali, perajin celengan karakter di Madiun, Jawa Timur. Berawal dari ditutupnya lapak tempatnya berjualan di sejumlah tempat wisata karena pandemi, Jumali justru semakin produktif. Ia terus menambah kerajinan celengannya dengan berbagai karakter kartun yang menarik.

Kini, warga Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Madiun ini, justru kebanjiran pesanan. Celengan berbahan gypsum miliknya banyak digemari oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu, seperti Doraemon, Hello Kitty dan Mickey Mouse.

Satu buah celengan karakter milik Jumali dijual dengan harga 15 ribu rupiah. Saat ini, permintaannya justru meningkat melalui situs jual beli online.

Baca Juga: Mengubah Kampung Kumuh Menjadi Bersih Dan Indah

Pandemi Covid-19 memang mengharuskan beberapa kegiatan dilakukan dari rumah, demi menerapkan protokol kesehatan. Namun ingat, tetap produktif meski di rumah...

 

#TetapProduktifDariRumah #PandemiCovid-19 #BekerjaDariRumah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x