Kompas TV regional berita daerah

Aksi Omnibus Law Dua Mahasiswa Ditetapkan Tersangka

Jumat, 20 November 2020 | 03:57 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Inilah 9 mahasiswa yang diamankan polresta Samarinda saat melakukan aksi demo menolak pengesahan omnibus law UU cipta kerja pada kamis sore kemarin di depan gedung DPRD Kalimantan Timur.

9 mahasiswa ini diamankan lantaran di duga melakukan tindakan provokasi, pelemparan batu dan pengerusakan fasilitas umum.

Dari 9 mahasiswa yang diamankan, 2 mahaiswa di tetapkan sebagai tersangka lantaran membawa senjata tajam dan melakukan pengrusakan.

Tersangka F-R berusia 24 tahun terbukti membawa sejata tajam jenis badik. Sementara mahasiswa berinisial W-J terbukti melakukan pengrusakan dengan menggunakan balok.

Menurut keterangan kapolres Kota Samarinda, Kombespol Arif Budiman. Aksi yang dilakukan mahasiswa ini dianggap illegal, lantaran tidak melakukan pemberitahuan kepada kepolisian sesuai undang-undang nomor 19 tahun 1998 kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Selain itu, massa aksi terbukti melakukan perusakan dan pelemparan batu sesuai alat bukti berupa rekaman video yang di kumpulkan pihak kepolisian dan alat bukti lain seperti senjata tajam badik dan kayu balok.

Untuk diketahui, selama beberapa kali mengamankan aksi menolak omnibus law UU cipta kerja, sedikitnya polisi pernah mengamankan 50 demonstran di mapolresta Samarinda.

Tak hanya dari kalangan mahasiswa, para pelajar dari tingkat smp, sma dan stm pun tak sedikit yang diamankan petugas.

Mereka hanya diberi sanksi pembinaan dan dipanggil orantuanya serta membuat surat pernyataan agar tak kembali melakukan tindak anarkis di tengah aksi demo.

#AksiMahasiswa#TolakOmnibusLaw#9MahasiswaDiamankan

Penulis : KompasTV Tenggarong


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:23
SEJAK JANUARI 2021, POLDA METRO JAYA MENERIMA 10 LAPORAN POLISI & MENETAPKAN 15 TERSANGKA KASUS EKSPLOITASI ANAK   KEMENTERIAN PPPA MENGAPRESIASI UPAYA POLDA METRO JAYA DALAM MENGUNGKAP KASUS EKSPLOITASI ANAK   NOVEL BASWEDAN BERHARAP KAPOLRI BARU BISA UNGKAP KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS TERHADAP DIRINYA   KOMPOLNAS DORONG POLISI PELAKU PENEMBAKAN DI CENGKARENG DIPIDANA DENGAN PASAL BERLAPIS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN & RIDWAN KAMIL RAIH PENGHARGAAN TOKOH PEMBERDAYAAN 2020 DARI RUMAH ZAKAT   PEMDA YOGYAKARTA OPTIMISTIS SEKOLAH TATAP MUKA DAPAT DIGELAR PADA JULI 2021   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI COVID-19 KEPADA AWAK MEDIA DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI PANTAU KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP AWAK MEDIA YANG BERLANGSUNG DI STADION GBK, JAKARTA   DIREKTUR ICJR ERASMUS NAPITUPULU MINTA PEMERINTAH PRIORITASKAN VAKSINASI PADA LAPAS DAN RUTAN YANG PADAT   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI SEBUT PIHAKNYA TELAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 39 TAHANAN KASUS KORUPSI   WAPRES MA'RUF AMIN TARGETKAN SEBANYAK 1 JUTA WARGA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 PER HARI   SATGAS COVID-19: 10 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19 TERTINGGI DI INDONESIA, SOLO PERTAMA   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 853.745 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA, 1.461.920 DOSIS PERTAMA   HINGGA 25 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.314.634, 1.121.411 SEMBUH, DAN 35.518 MENINGGAL DUNIA