Kompas TV internasional kompas dunia

CDC Imbau Warga AS Tak Bepergian Dalam Perayaan Thanksgiving

Kompas.tv - 20 November 2020, 02:57 WIB
cdc-imbau-warga-as-tak-bepergian-dalam-perayaan-thanksgiving
Papan imbauan di Chicago, Amerika Serikat, yang meminta warga untuk tetap di rumah demi menekan kasus Covid-19. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memohon kepada warga untuk tidak bepergian saat merayakan thanksgiving. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi beberapa minggu terakhir.

CDC mengumumkan imbauan ini pada Kamis (19/11/2020). Hal ini merupakan pedoman yang paling tegas dari pemerintah untuk membatasi pertemuan dalam pandemi Covid-19.

CDC mengeluarkan rekomendasi ini hanya satu minggu sebelum perayaan thanksgiving di AS.

Baca Juga: Amerika Serikat Cetak 1 Juta Kasus Virus Corona Dalam 10 Hari

Saat ini rawat inap dan kematian akibat Covid-19 di AS semakin meroket di AS. Di banyak daerah, sistem perawatan semakin tertekan akibat banyaknya pasien dan petugas medis yang jatuh sakit.

Dr. Erin Sauber-Schatz dari CDC mengatakan, telah terjadi 1 juta kasus Covid-19 baru di AS selama satu minggu terakhir. Hal ini mendorong pemrintan untuk menerbitkan pedoman dan imbauan baru.

“Cara paling aman untuk merayakan thanksgiving tahun ini adalah di rumah bersama keluarga terdekat Anda,” katanya seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Washington Berlakukan Pembatasan Sosial Baru

Jika keluarga ingin menyajikan makanan dan mengadakan perayaan saat thanksgiving, CDC mengeluarkan panduan untuk melakukannya di luar ruangan, menjaga jarak dan mengenakan masker. Selain itu, hanya satu orang yang diperbolehkan menyajikan makanan.

Kembalinya virus corona ke AS, disebabkan oleh kejenuhan masyarakat terhadap pandemi. Mereka sudah lelah memakai masker dan melakukan tindakan pencegahan lainnya.

Amerika Serikat telah melampaui lebih dari 11 juta infeksi dan lebih dari 250.000 kematian akibat virus corona. Ilmuwan CDC mengatakan, sekitar 40% orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala yang jelas, tetapi masih tetap dapat menyebarkan virus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.