Kompas TV regional berita daerah

Basarnas Keluarkan Panduan SAR Dengan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 19 November 2020, 21:34 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Poses Pencarian dan Pertolongan, dalam sebuah bencana, pada masa Pandemi Covid-19, juga diterapkan dengan protokol kesehatan.

Basarnas sudah mengelurkan panduan SAR dengan prokes, untuk anggotanya dan potensi SAR di sejumlah daerah.

Sejak awal masa Pendemi Covid-19, Basarnas sudah membuat dan mengelurkan Buku Petunjuk, penanganan korban pada operasi SAR saat pandemi korona.

Petunjuk pelaksanaan tersebut, dibagikan pada seluruh anggota Kantor SAR, termasuk pada potensi SAR yang dimiliki Kantor-Kantor SAR di Daerah.

Pencarian dan Pertolongan korban dalam Operasi SAR dengan prokes, agar pencari dan korban tak terpapar covid-19.

Kepala Basarnas dan Deputi Basarnas melakukan pemeriksaan pada Kantor SAR Palembang, dari rangkaian kunjugan kerja maraton ke 43 Kantor SAR di Indonesia.

Pemeriksaan dilakukan, untuk memastikan kesiapsiagaan  personil dan alat utama pencarian dan pertolongan, dari kemungkinan terjadinya kebencanaan di wilayah Operasi Kantor SAR. Saat ini yang menjadi kewaspadaan, adanya fenomena La Nina.

Untuk Kantor SAR di Palembang, dinyatakan siap 24 jam, dengan dibantu beberapa potensi SAR di 14 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan, yang mampu melakukan kerjasama dalam operasi-operasi SAR kebencanaan di Sumatera Selatan.

#Operasi #Sar #Basarnas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.