Kompas TV bbc bbc indonesia

Seberapa Besar Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Lingkungan?

Kompas.tv - 19 November 2020, 20:07 WIB
Penulis : Theo Reza

KOMPAS.TV - Saat pandemi virus Corona melanda dunia, di beberapa negara pemerintah menanggapi krisis dengan melakukan penguncian wilayah atau lockdown.

Sering kita melihat beberapa hewan telah mengambil alih kota-kota yang kosong.

Bagaimana dampak lingkungan ? ternyata jauh lebih besar dari itu.

Di kota terbesar kedua di Italia, Milan tingkat oksida nitrat yang merupakan polusi berbahaya disebabkan oleh lalu lintas ternyata angka tersebut telah turun hingga sekitar 40% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Tingkat karbondioksida juga turun karena negara-negara memproduksi lebih sedikit barang dan menggunakan lebih sedikit energi.

Karbon dioksida diketahui adalah penyebab utama pemanasan global.

China adalah penghasil emisi terbesar di dunia. Di bulan Februari saat puncak krisis virus corona di China, emisi karbon turun 25% dibandingkan tahun sebelumnya.

Di Beijing, langit yang biasanya dipenuhi kabut asap kini berwarna biru dan cerah.

Jadi, ini adalah kabar baik yang sangat dibutuhkan saat ini, dan memberi kita gambaran sekilas tentang seperti apa lingkungan yang lebih sehat itu.

Seperti kita ketahui, polusi udara adalah salah satu pembunuh lingkungan yang paling mematikan.

Secara global, polusi udara diperkirakan menyebabkan 7 juta kematian setahun dan memperpendek hidup kita 3 tahun.

Jika pengurangan udara ini dapat dibuat permanen, mungkin akan ada manfaat yang bertahan lama bagi semua orang.

Jadi dapatkah ketergantungan kita pada bahan bakar fosil tetap lebih rendah setelah krisis, sehingga meningkatkan kualitas udara dan mengurangi pemanasan global? Berdasarkan apa yang kita lihat di masa lalu, sepertinya tidak mungkin.

Fokus dunia sekarang adalah memastikan krisis ini berdampak ke lingkungan keluarga dan bahwa ada pekerjaan serta keamanan untuk semua orang ketika pandemi ini akhirnya berakhir.

Selama resesi global tahun 2008, emisi juga turun. Namun ketika perusahaan dan pemerintah mencoba menghidupkan kembali ekonomi setelah keruntuhan awal, emisi meningkat jauh lebih cepat daripada biasanya. Dan ini juga bisa terjadi hari ini.





Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.