Kompas TV internasional kompas dunia

Cegah Penyebaran Covid-19, Raja Malaysia Batalkan Pemilu Sabah

Kompas.tv - 19 November 2020, 11:18 WIB
cegah-penyebaran-covid-19-raja-malaysia-batalkan-pemilu-sabah
Yang Dipertuan Agong Malaysia Sultan Abdullah. (Sumber: AFP)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah membatalkan pemilu sela di Sabah untuk cegah penularan virus corona. Keputusan itu didapat setelah Raja menyetujui deklarasi darurat di Batu Sapi, Negara Bagian Sabah.

"Dengan deklarasi ini, proses pemilihan sela Batu Sapi akan dihentikan untuk mencegah gelombang keempat Covid-19 dan tanggal baru akan ditentukan untuk pemilihan sela," kata Pengawas Keluarga Kerajaan Ahmad Fadil Syamsuddin dalam keterangannya di Kuala Lumpur, Rabu (18/11/2020) seperti dikutip dari Antara.

Fadil mengatakan agong telah menyetujui proklamasi darurat Pemilu atau P185 Batu Sapi, Sabah, sebagai langkah proaktif untuk menanggulangi wabah Covid-19. Hari pencalonan untuk pemilu sela di Batu Sapi awalnya dijadwalkan pada Senin (23/11/2020) pekan depan.

Fadil juga mengatakan, sebelumnya raja telah menerima kunjungan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin di Istana Negara Malaysia.

Pada kesempatan tersebut Muhyiddin Yassin menyampaikan hasil dari keputusan rapat kabinet tentang implementasi Deklarasi Proklamasi Darurat Divisi Pemilihan Parlemen (P185) Batu Sapi, Sabah.

“Dengan deklarasi ini juga segala proses yang telah dimulai untuk tujuan tersebut pelaksanaan pemilihan sela P185 Batu Sapi tidak akan dilanjutkan dengan tujuan penertiban dan pencegahan terjadinya penularan gelombang ke empat,” kata Fadil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x