Kompas TV internasional kompas dunia

Tembang Jawa dan Nyanyian Duta Besar Bergema di Kota Wellington

Kompas.tv - 19 November 2020, 08:01 WIB
tembang-jawa-dan-nyanyian-duta-besar-bergema-di-kota-wellington
Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya bernyanyi bersama staf KBRI Wellington, dalam acara resepsi diplomatik di Wellington, Rabu (18/11/2020). (Sumber: KBRI Wellington)
Penulis : Tussie Ayu

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Tembang sekar macapat pangkur berkumandang di Wellington, Selandia Baru. Segenap tamu yang hadir langsung terdiam dan mendengarkan tembang mistis yang berasal dari budaya Jawa ini.

Bagi warga Selandia Baru, mungkin ini adalah pengalaman pertama mereka mendengarkan tembang Jawa yang syahdu dan penuh filosofi.

Seluruh tamu undangan mendengarkan kata demi kata yang dilantunkan dalam bahasa Jawa oleh para staf KBRI Wellington. Mereka tidak memahami makna lagu yang dinyanyikan. Namun mereka dapat merasakan nuansa magis yang disampaikan oleh tembang ini.

Suasana khas budaya Indonesia ini tersaji dalam resepsi diplomatik dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia, Rabu (18/11/2020) di Wellington.

Resepsi diplomatik pada awalnya akan diselenggarakan pada bulan Agustus lalu. Namun acara harus diundur karena situasi pandemi Covid-19. Kini setelah pandemi di Selandia Baru sudah terkendali dan tidak ada lagi pembatasan sosial, resepsi diplomatik pun akhirnya dapat terselenggara.

Suasana hening yang tercipta karena tembang Jawa di awal acara, seketika berubah menjadi semarak ketika Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menunjukkan keahliannya dalam bernyanyi.

Bersama staf KBRI Wellington yang tergabung dalan grup vocal The Brafaks, Dubes Tantowi menyanyikan tiga buah lagu yang berjudul Seasons of Love, Teach Your Children dan Aquarius. Lagu country yang lekat pada sosok Dubes Tantowi pun terwakilkan dalam lagu Teach Your Children.

Para tamu undangan ikut bernyanyi dan bergoyang mengikuti irama lagu. Menurut Dubes Tantowi, acara resepsi diplomatik yang diadakan KBRI Wellington setiap tahunnya selalu ditunggu-tunggu di ibukota Selandia Baru ini.

Baca Juga: Rayakan 45 Tahun Asean - Selandia Baru, Jokowi Ingin Perkuat Kerja Sama

“Kalau Indonesia yang mengadakan resepsi diplomatik, pasti istimewa. Dan konsep kita selalu berbeda-beda setiap tahun,” ujarnya kepada Kompas.tv, Rabu (18/11/2020).

Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah Indonesia yang merupakan bagian dari kawasan Pasifik. Konsep ini diwakilkan oleh kesenian dari Papua dan Nusa Tenggara Timur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x