Kompas TV regional berita daerah

Cuti Bersama Berakhir dengan 6 ASN di DIY Positif Covid-19

Kompas.tv - 18 November 2020, 22:27 WIB
cuti-bersama-berakhir-dengan-6-asn-di-diy-positif-covid-19
Ilustrasi ASN DIY terkonfirmasi positif Covid-19. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sebanyak enam orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda DIY terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan yang sehari-hari bekerja di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY.

Kasus ini bermula ketika seorang ASN perempuan DPKP DIY berusia 25 tahun pergi ke luar kota untuk menghadiri acara keluarga pada cuti bersama akhir Oktober 2020. Ketika kembali kerja pada 2 November lalu ia merasa kurang enak dan dan memutuskan untuk tes swab mandiri. Ternyata hasilnya positif Covid-19.

Ia sempat masuk kerja pada 2 sampai 4 November dan kontak langsung dengan rekan kerja yang berada dalam satu ruangan dengannya.  Pada 5 November seluruh seksi tempat ASN itu diwajibkan work from home (WFH).

“Kami segera melaporkan kasus ini kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY serta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk segera ditindaklanjuti,” ujar Wakil Kepala Dinas DPKP DIY Syam Arjayanti, dalam siaran pers, Rabu (18/11/2020).

Hasil penelusuran kontak erat merujuk pada delapan orang yang kontak langsung dengan ASN positif Covid-19 itu. Mereka menjalani tes swab dan hasilnya lima orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kelima ASN di DIY yang dinyatakan positif Covid-19 itu meliputi, laki-laki berusia 30 tahun asal Sleman, laki-laki berusia 58 tahun asal Bantul, laki-laki berusia 32 tahun asal Kebumen, perempuan berusia 25 tahun asal Nganjuk, dan perempuan berusia 30 tahun asal Sleman.

Para ASN di DIY yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagian besar adalah orang tanpa gejala (OTG). Tiga orang menjalani isolasi mandiri untuk proses penyembuhan, satu orang dikarantina di Asrama Haji, dan dua orang di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) DIY.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x