Kompas TV regional berita daerah

Hiu Paus Tersesat di Kawasan Mangrove Pantai Sekotong

Kompas.tv - 18 November 2020, 18:44 WIB
Penulis : Herwanto

LOMBOK, KOMPAS.TV-

Seekor hiu paus tersesat di Pantai Bagek Kembar, sebuah kawasan wisata mangrove di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. khawatir hiu paus yang dilindungi makin lemah, petugas Balai Konservasi Perlindungan Biota Laut NTB melakukan penyelamatan dengan menggiring hiu paus ke tengah laut. Warga yang berkerumun juga diminta tidak mengganggu hiu paus ini.

Awalnya, Warga yang berwisata Pantai Bagek Kembar dikejutkan adanya ikan hiu paus berukuran panjang lebih dari 2 meter yang terdampar di sekitar tanaman mangrove. Air yang berlumpur di rawa membuat hiu paus yang dilindungi itu tidak bisa bergerak dan cenderung  terlihat lemas. Warga mengambil gambar hiu paus dengan ponsel mereka karena penasaran dengan kemunculan hiu paus itu di kawasan hutan bakau.

Aparat Polsek Sekotong dan petugas Balai Konservasi Perlindungan Biota Laut BPSPL NTB, melakukan upaya penyelamatan. Petugas BPSPL menuntun hiu malang itu perlahan ke tengah laut agar bisa kembali ke laut lepas.

Petugas BPSPL, aparat kepolisian dan TNI yang turun mengamankan sutuasi berupaya melindungi hiu paus agar tidak di sentuh atau bahkan dinaiki oleh warga, karena tentu akan membuat hiu paus stres.

Hiu paus selama beberapa saat berhasil dituntut ke tengah laut dan tetap dipantau petugas Polair Polda NTB hingga benar-benar bisa kembali ke laut lepas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.