Kompas TV regional berita daerah

Pertumbuhan Ekonomi Papua Barat Minus 3,5 Persen

Rabu, 18 November 2020 | 14:57 WIB

SORONG, KOMPAS.TV - Kamar dagang dan industri mencatat pertumbuhan ekonomi papua barat pada triwulan ke tiga mengalami minus 3,5 persen, dibandingkan dengan triwulan ke 2  selama masa pandemi covid 19. Hal ini dikarenakan kurangnya ekspor dan suplay dari bahan konsumsi berkurang, hingga harga barang naik membuat daya beli masyarakat menurun.

Untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi kamar dagang menghimbau agar pemerintah meningkatkan belanja daerah dan membangkitkan kembali semangat pelaku usaha untuk segera bangkit kreatif demi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Kamar dagang dengan tegas mengatakan pandemi bukalah alasan, pengusaha harus kembali melakukan investasi dan bangkit untuk kembali membuka lapangan pekerjaan yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nantinya.

Dalam musyawarah daerah kamar dagang papua barat disampaikan ada sejumlah produk lokal yang akan diupayakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi papua barat. Sejauh ini yang menjadi kendala bagi para pengusaha untuk kembali bangkit yaitu terkait pengurusan sejumlah izin.

Untuk pemulihan ekonomi papua barat, dalam musyawarah daerah ke IV kali ini kamar dagang dan industri papua barat akan membantu para pengusaha agar dapat dipermudah dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi. 

#SorongPapuaBarat #EkonomiSorong #Perindustrian

Penulis : KompasTV Sorong


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:20
WAPRES MA'RUF AMIN HARAP ATURAN VAKSINASI COVID-19 MANDIRI KELUAR MINGGU DEPAN   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI KELOMPOK ANTIVAKSIN COVID-19 SUDAH BERKURANG   KEMENPAREKRAF TUNJUK SELEBRITAS LADY MARSELLA JADI DUTA SATGAS TOILET UNTUK BENAHI TOILET DI KAWASAN PARIWISATA   PEMPROV DKI MULAI REALISASIKAN PEMBUATAN PEMBATAS JALUR SEPEDA PERMANEN DI SEPANJANG JALAN SUDIRMAN-THAMRIN   SEMPAT DIHENTIKAN, VAKSINASI COVID-19 PEDAGANG DI PASAR TANAH ABANG KEMBALI DILANJUTKAN HARI INI   MENKO MARVES LUHUT MINTA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI MALUKU DIPERCEPAT UNTUK DUKUNG LUMBUNG IKAN NASIONAL   KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DORONG PEMDA KEMBANGKAN TALENTA DIGITAL   MENTERI PUPR: PENANGANAN BANJIR HARUS DIKERJAKAN SECARA SISTEMIK DARI HULU SAMPAI KE HILIR   BUPATI BATANG IZINKAN SEKOLAH DI ZONA HIJAU GELAR KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) TATAP MUKA AWAL MARET 2021   PEMKAB TEMANGGUNG SASAR VAKSINASI TAHAP DUA UNTUK GURU HINGGA SOPIR ANGKUTAN UMUM   KEMENDIKBUD: VAKSINASI COVID-19 GURU DAN DOSEN DEMI WUJUDKAN SEKOLAH TATAP MUKA JULI 2021   SATGAS PENANGGULANGAN BENCANA KARHUTLA DI ROKAN HULU, RIAU, PATROLI GUNAKAN HELIKOPTER   INSTITUT PERTANIAN BOGOR SIAP BANTU PELAKSANAAN UJI PRAKLINIS VAKSIN COVID-19 MERAH PUTIH   ANALISIS MENDALAM SEPUTAR PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL. SIMAK SELENGKAPNYA: KLIK.KOMPAS.ID