Kompas TV regional berita daerah

Keren! Ada Rumah Literasi Lereng Gunung Wilis Untuk Anak Usia Dini

Kompas.tv - 17 November 2020, 16:41 WIB
Penulis : Herwanto

KEDIRI, KOMPAS.TV-

Berawal dari peduli akan pentingnya pendidikan usia dini, sekelompok mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Kediri mendirikan rumah literasi gratis. Selain berikan pendampingan belajar, anak-anak desa ini juga diperbolehkan membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan.

Pendidikan dini di Lereng Gunung Wilis, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, masih menjadi hal yang mahal. Selain lokasi sekolah yang jaraknya jauh, kurangnya perhatian orang tua pada pendidikan dini juga menjadi masalah tersendiri.
Faktor inilah yang menginisiasi sekelompok mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Kediri mendirikan rumah literasi gratis yang diberi nama Rumah Baca Lentera Wilis. Kelompok ini fokus pada peningkatan minat belajar dan baca dari anak-anak pedesaan di lereng Gunung Wilis.
Rumah literasi ini berdiri sejak 3 bulan lalu dan telah membantu lebih dari 30 anak desa mendapatkan pendampingan pelajaran. Selain diajarkan pelajaran formal, di tempat ini para siswa juga bisa membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan dan wawasan.
Kegiatan belajar ini dilakukan setiap hari mulai pukul 9 hingga 12 siang. 
Ada 15 orang relawan yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA yang tergerak menjadi relawan untuk mengajar di tempat ini.

Tidak sebatas membantu pendidikannya, para relawan ini juga mencari donatur untuk membeli buku dan peralatan belajar. Harapnnya, dengan adanya rumah literasi ini, anak-anak desa dapat memperoleh pendidikan yang lebih layak.

meski telah memiliki sejumlah buku dan fasilitas pendidikan, Rumah Baca Lentera Wilis berharap agar pemerintah daerah setempat dapat membantu dan mendukung dunia pendidikan anak-anak di desa, sehingga jalannya pendidikan bagi anak-anak lereng Gunung Wilis dapat lebih baik lagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x