Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harga Emas Terus Merosot, Waktunya Jual atau Beli?

Kompas.tv - 17 November 2020, 13:01 WIB
harga-emas-terus-merosot-waktunya-jual-atau-beli
ilustrasi gambar emas batangan (Sumber: dok.Antam)
Penulis : Yasir Nene Ama

Jakarta, Kompas.tv - Sudah hampir satu pekan harga emas batangan Antam betah di bawah 1 juta Rupiah per gram. Mengutip situs logam mulia, hari ini, Selasa (17/11/2020) harga emas Antam berada di Rp. 980.000 per gram Harga ini turun Rp 5.000 dibanding hari sebelumnya Rp. 985.000.   

Padahal, harga logam Mulia Antam meroket hampir 20% sejak awal tahun dengan rekor tertinggi dengan harga Rp. 1.065.000 per gram. Penguatan harga emas antam sejalan dengan harga emas dunia.

Dengan kondisi harga emas yang berada pada tren penurunan apa langkah yang harus dilakukan? Jual atau beli?!

Menurut perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini, yang dikutip dari program Berita Utama Kompas TV, masyarakat harus memahami karakter emas dengan keuntungan yang didapat dari selisih harga jual-beli emas.

“Untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual emas adalah ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli," ujar Mike.

Mike menambahkan masyarakat perlu memahami bahwa emas adalah investasi jangka panjang sehingga keuntungan yang didapat lebih banyak. Dengan harga emas yang turun, jangan serta merta langsung dijual karena takut harga akan terus merosot. Pun sebaliknya saat harga emas tengah turun, masyarakat bisa membeli sehingga bisa mendapat untung ketika harga emas akan naik.

Jika ingin berinvestasi emas sebaiknya dalam bentuk emas batangan, bukan dalam bentuk perhiasan. Mike juga menyatakan pembelian emas bisa dilakukan lewat platform online, namun harus dipastikan platform online tersebut legal dan bisa dipercaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x