Kompas TV regional kriminal

Geledah Pabrik Rumahan Obat Tradisional Ilegal di Klaten, Pemiliknya Seorang Analis Farmasi

Selasa, 17 November 2020 | 06:50 WIB

KLATEN, KOMPAS.TV - Polisi mengungkap pabrik rumahan yang membuat obat tradisional ilegal yang berada di Klaten, Jawa Tengah.

Pemilik pabrik yang juga sebagai analis farmasi dan pemilik apotik, kini ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam rekaman video, sejumlah Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri menggeledah rumah pembuatan obat tradisional di Klaten, Jawa Tengah.

Dari hasil penyelidikan, obat tradisional yang seharusnya dibuat dari bahan tradisional justru dibuat menggunakan bahan kimia.

“Mereka melakukan mencampur beberapa bahan-bahan seperti bahan kimia obat yang seharusnya mereka campurannya adalah bahan kimia obat, namun hanya berbentuk tepung maizena. Kemudian seharusnya jamu-jamu diproduksi secara tradisional, ini malah diberikan obat kimia,” kata Kasubdit I Dirtipter Bareskrim Polri, Kombes Pol Pipit Rismanto.

Selain menetapkan pemilik pabrik rumahan yang berinisial YS, sebagai tersangka, penyidik juga menyita sejumlah barang bukti obat-obatan tradisional yang tidak memenuhi standar kesehatan dari BPOM.

Atas perbuatannya, tersangka dikenai undang-undang tentang kesehatan dan konsumen dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:41
DPRD JEMBER BERI PENILAIAN RAPOR MERAH TERHADAP LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SERGAP DAN TANGKAP 1 KAPAL IKAN ILEGAL BERBENDERA MALAYSIA DI SELAT MALAKA   TIMNAS ESPORTS BASKET INDONESIA HADAPI FILIPINA PADA BABAK FINAL TURNAMEN FIBA ESPORTS OPEN III 2021   BARESKRIM POLRI GANDENG INTERPOL BURU JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   BARESKRIM POLRI MENDALAMI VIDEO PRIA YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26 BERNAMA JOZEPH PAUL ZHANG   PANGDAM XVII/CENDERAWASIH: TUDUHAN GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA HANYA UNTUK TUTUPI KEJAHATAN KKB   TNI-POLRI BANTAH TUDINGAN KKB YANG SEBUT GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA APARAT   WAKIL BUPATI LUMAJANG BENARKAN CAMAT PRONOJIWO DICOPOT KARENA DIANGGAP TAK SIGAP TANGANI DAMPAK KORBAN GEMPA   DINILAI KURANG PAHAM CARA MENANGANI BENCANA, CAMAT PRONOJIWO, LUMAJANG, JAWA TIMUR, DICOPOT DARI JABATANNYA   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI ATAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN: PENAMBAHAN KASUS POSITIF COVID-19 HARUS JADI PERHATIAN PEMDA SETIAP HARI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH JADI "ROLE MODEL" PENEGAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   BANYAK PHK AKIBAT PANDEMI, PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH MEMPERBANYAK PROGRAM PADAT KARYA   BMKG DORONG PEMDA TINGKATKAN MITIGASI DAN KEWASPADAAN WARGA TERHADAP BENCANA