Kompas TV nasional aiman

Maju-Mundur Kepulangan Rizieq Shihab - AIMAN (Bab 5)

Selasa, 17 November 2020 | 00:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vokal dan dipenuhi pro dan kontra, Itulah pendiri dan “Imam Besar” ormas Front Pembela Islam (FPI), M. Rizieq Shihab, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Rizieq. Pernyataan-pernyataannya sering kali berujung laporan ke polisi. Rizieq pun pernah dua kali di bui pada 2003 dan 2008, karena dianggap menebar kebencian dan mengganggu ketertiban umum.

Namun, diantara banyak kasus diantaranya ujaran kebencian dan penodaan agama yang menyertai Rizieq, kasus “chat" dengan Firza Husein yang sempat menyita perhatian. Setelah muncul ke permukaan atas kasus ini, Rizieq pergi dari Indonesia ke Arab Saudi, alih-alih ibadah umroh. Ketika kasusnya makin berkembang dan Rizieq ditetapkan sebagai tersangka dan urung pulang. Beberapa kali info kepulangannya pun, tak juga terealisasi.

Hingga akhirnya, tiga tahun menetap di Arab Saudi, tiba-tiba tersiar kabar, Habib Rizieq akan pulang ke Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Duta besar RI di Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyatakan, Rizieq dideportasi pemerintah Saudi. Namun, Rizieq membantah. Menurutnya, ia pulang atas “usaha sendiri”, meski banyak hambatan menghadang proses kepulangannya.

Kini, muncul spekulasi alasan kepulangan Rizieq. Apakah sekedar menikahkan putrinya, atau ada agenda lain? Sebab, dalam kanal Youtube Front TV, Rizieq berujar bahwa ia masih ingin tinggal di Saudi, jika tidak ada “kewajiban dakwah” di Indonesia. Ada apa di balik kepulangan Habib Rizieq? Benarkah untuk menggadang-gadang kepala daerah yang akan “hilang panggung” di Pilpres 2024, akibat wacana Pilkada Serentak?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, akan membahas dan mengupasnya bersama Fadli Zon, Wakil Dewan Pembina Partai Gerindra, yang juga turut mengunjungi Habib Rizieq di Petamburan, Ade Armando, peneliti UI dan pengelola Cokro TV, yang dikenal vokal terhadap lawan-lawan pemerintah, dan Adi Prayitno, peneliti politik UIN Syarif Hidayatullah, tentang sepak terjang Habib Rizieq dan analisa di balik kepulangannya.    

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:58
BALAI KONSERVASI BOROBUDUR TUTUP 56 STUPA MENGGUNAKAN TERPAL UNTUK ANTISIPASI DAMPAK HUJAN ABU VULKANIK   BELUM BUKA LOWONGAN, PT TRANSJAKARTA: HATI-HATI PENIPUAN   WAGUB DKI MINTA PRESIDEN JOKOWI BUAT KEBIJAKAN UNTUK TEKAN ANGKA PENULARAN COVID-19 SAAT LIBUR AKHIR TAHUN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY CEK RSUD JAYAPURA YANG AKAN MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PON 2021   MENTERI BASUKI HADIMULJONO GANDENG KPK DALAM MENGELOLA ANGGARAN INFRASTRUKTUR SEBESAR RP 150 TRILIUN   KASUS KORONA DI DKI TINGGI, SATGAS COVID-19 MINTA GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINDAK PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK AJUKAN 600 IZIN PENYADAPAN UNTUK PANTAU PILKADA HINGGA ANGGARAN COVID-19   JELANG PENCOBLOSAN PILKADA, MENDAGRI MINTA DINAS DUKCAPIL TIDAK PERSULIT WARGA YANG INGIN MEMBUAT KTP ELEKTRONIK   GUBERNUR SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO PERSILAKAN KPK USUT DUGAAN KORUPSI PEMBANGUNAN STADION MANDALA KRIDA    SATGAS PENANGANAN COVID-19: LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN BERPOTENSI NAIKKAN PENULARAN KORONA   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, GUBERNUR GANJAR PRANOWO USULKAN LIBUR AKHIR TAHUN DITIADAKAN   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI SEMPAT TELEPON WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DI HADAPANNYA   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE SEBUT TOMMY SUMARDI MENGAKU TEMUI DIRINYA ATAS RESTU DARI KABARESKRIM POLRI   IRJEN NAPOLEON BONAPARTE BERTEMU TOMMY SUMARDI BERSAMA BRIGJEN PRASETIJO UTOMO DI RUANG KERJANYA