Kompas TV regional peristiwa

18 ABK Selamat dari Tenggelamnya Kapal Kargo Muatan 137 Peti Kemas di Surabaya

Kompas.tv - 16 November 2020, 22:42 WIB
18-abk-selamat-dari-tenggelamnya-kapal-kargo-muatan-137-peti-kemas-di-surabaya
Ilustrasi kapal kandas dan tenggelam (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Tanjung Perak Sudiono mengatakan, kapal yang tenggelam di kolam dermaga domestik Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (15/11/2020) malam, bernama MV Mentari Crystal.

Baca Juga: Detik Detik Menegangkan Penangkapan Pelaku Mencuri Batu Bara Dari Atas Kapal

Sebanyak 18 ABK selamat dalam kejadian tenggelamnya kapal kargo bermuatan 137 peti kemas itu.

"Kami mendapatkan laporan awal Minggu pukul 21.30 WIB," ujar Sudiono saat dikonfirmasi Senin (16/11/2020), seperti dilansir Kompas.com

Dia belum dapat menjelaskan penyebab tenggelamnya kapal tersebut karena tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang melakukan pemeriksaan dan mengumpulkan barang bukti. 

Fokus pihaknya saat ini adalah memastikan kelancaran arus logistik dan menjamin keamanan pelayaran dengan memasang oil boom di sekitar lokasi kejadian. 

"Selain itu kami juga memastikan tidak terjadi pencemaran lingkungan akibat insiden tersebut," tambahnya. 

Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Faruq Hidayat dalam rilis yang diterima, menjamin pelayanan operasional bongkar muat di Terminal Teluk Lamong Surabaya tidak terganggu dan berjalan lancar. 

Baca Juga: Detik-detik Evakuasi Korban Kapal Bocor di Makassar

"Kami telah mengatur dan menyesuaikan skema pelayanan penyandaran kapal di Terminal Teluk Lamong untuk memastikan pelayanan tetap normal," kata Faruq. 

Faruq mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi yang baik oleh pihak Terminal Teluk Lamong dengan para pemangku kepentingan terkait, sehingga peristiwa kecelakaan tersebut bisa segera teratasi dan operasional pelayanan Terminal Teluk Lamong kembali normal. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x