Kompas TV nasional sapa indonesia

Sudah Operasi Sinus Tapi Masih Mampet, Mungkin Ini Faktor Penyebabnya!

Kompas.tv - 16 November 2020, 11:35 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sapa Indonesia Pagi kembali (16/11/2020) menghadirkan segmen sehat di tengah pandemi, tempat Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis saat Anda ragu untuk ke rumah sakit karena pandemi.

Kali ini ada Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Dokter Annita Florence, yang akan menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh sahabat KompasTV.

Adapun pertanyaannya adalah:

@badriyah9667 : dok hidung saya mampet terus. pernah saya operasi katanya sinus. tetapi sampai sekarang mampetnya masih belum hilang dok. bagaimana ya dok solusinya?

Dokter Annita Florence menjelaskan jika operasi sinus sudah dilakukan semestinya untuk memperbaiki, namun bisa saja faktor luar yang menyebabkan hidung mampet.

Sinus bisa terjadi karena faktor alergi, jika alergi masih ada, menurut Annita akan terus terjadi inflamasi atau

"Akan pembengkakan lagi, mampet lagi, kemudian banyak hal-hal yang lain bisa dari refluks juga bisa ke sinus bisa bikin meradang sehingga mampet lagi," jelas Annita.

Menurutnya, harus dilakukan evaluasi pasca operasi agar faktor inflamasi bisa dituntaskan.

Berolahraga juga bisa menjadi solusi untuk melawan inflamasi tersebut.

Pertanyaan bisa Anda kirimkan melalui Instagram di @sapaindonesia_kompastv, serta melalui live interaktif melalui telepon 021 5366 0500.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.