Kompas TV internasional kompas dunia

Masjid Bersejarah di Selat Bosporus Turki Terbakar

Kompas.tv - 15 November 2020, 22:14 WIB
masjid-bersejarah-di-selat-bosporus-turki-terbakar
Api melalap Masjid Vanikoy di Istanbul, Turki, Minggu (15/11). (Sumber: DHA via AP)
Penulis : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV – Sebuah masjid kayu bersejarah di Istanbul, Turki, terbakar hari Minggu (15/11). Petugas pemadam kebakaran Turki berjibaku memadamkan api, baik melalui jalan darat maupun laut.

Baca Juga: Cerita Ramadhan di Istanbul Turki

Masjid Vanikoy yang dibangun di abad ke-17 pada masa pemerintahan Sultan Mehmed IV dari Kesultanan Ottoman, terletak di Istanbul sisi Asia di tepi Selat Bosporus. Bangunan masjid yang terbuat dari kayu memudahkan api membakar masjid. Asap hitam tebal terlihat membumbung ke udara dari masjid yang terbakar.

Baca Juga: Hagia Sophia di Istanbul Resmi Jadi Masjid Setelah 86 Tahun Jadi Museum

Pihak pemadam kebakaran Istanbul menginfomasikan via Twitter bahwa kebakaran kini sudah diatasi dan para petugas tengah melakukan upaya pendinginan pada bangunan masjid dan area sekitar. Dibantu penjaga pantai, para petugas pemadam kebakaran berupaya mencegah agar api tidak menyambar ke hutan di bagian belakang masjid dan perumahan di dekat masjid di sepanjang tepi Selat Bosporus.

Petugas pemadam kebakaran Turki berupaya memadamkan api yang melalap Masjid Vanikoy di Istanbul melalui jalan darat dan laut, Minggu (15/11). (Sumber: DHA via AP)

Hingga kini, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Penyelidikan penyebab kebakaran masih terus berlangsung.

Baca Juga: Badai Sebabkan Kekacauan di Kota Istanbul

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x