Kompas TV nasional kesehatan

Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Aturannya

Kompas.tv - 15 November 2020, 14:36 WIB
minum-air-putih-bisa-turunkan-berat-badan-ini-aturannya
Ilustrasi minum air (Sumber: shark_749)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak penelitian yang menunjukkan, bahwa minum air putih bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Bukan hanya itu, minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga ketajaman fungsi otak, menjaga organ tubuh bekerja dengan baik, serta memulihkan kondisi setelah berolahraga. 

Menurut ahli diet Jim White, RD, ACSM, yang juga pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios, setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda.

Meski begitu, berpegang pada jumlah yang sering direkomendasikan yakni delapan gelas 250 ml per hari sudah cukup untuk memenuhi asupan cairan tubuh, bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. 

“Kedengarannya tidak terlalu banyak, tetapi menjadi sebuah tantangan bagi kebanyakan orang untuk meminum cukup air,” kata White seperti dikutip eatthis. 

Menurut CDC, 43 persen orang dewasa minum air kurang dari empat gelas sehari, dengan 7 persen orang mengaku tidak minum satu gelas air pun dalam sehari.

White mengatakan, pada dasarnya kamu harus membiarkan rasa haus menjadi penuntut diri. Jika kamu masih haus setelah minum 8 gelas per hari, maka tidak menjadi masalah ketika meminum air di gelas berikutnya. Yang pasti, jika kamu merasa cukup, pastikan untuk tidak berlebihan.

Sebab, minum air terlalu banyak dapat menyebabkan hiponatremia, yakni keracunan air di mana kadar natrium dalam tubuh menjadi terlalu encer sehingga menyebabkan pembengkakan di otak, kejang, dan koma. 

 

Untuk orang kelebihan berat badan

Bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, kebutuhan airnya berbeda. White mengatakan, kelompok ini perlu minum lebih banyak air putih, agar tetap terhidrasi dengan baik dan membantu menurunkan berat badan.

Peneliti Virginia Tech juga menemukan, orang dewasa yang kelebihan berat badan yang minum 16 ons (475 ml) air putih setengah jam sebelum makan, terbukti kehilangan 1.4 kg lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukannya, dan bahkan kehilangan 9 pon (4 kg) pada akhir 12 minggu.

“Mengganti minuman berkalori dan bergula seperti soda, jus buah, dan es teh manis dengan air putih juga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan,” kata White.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x