Kompas TV regional berita daerah

Sukarelawan Mengajar Anak-Anak Pengungsi Merapi

Kompas.tv - 13 November 2020, 14:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Beragam aksi sosial dilakukan oleh para relawan di Sleman, Yogyakarta untuk membantu para pengungsi Gunung Merapi. Salah satunya dengan melakukan pendampingan belajar untuk anak-anak pengungsi. Status siaga Gunung Merapi memaksa sebagian kelompok rentan di lereng Gunung Merapi mengungsi di sejumlah tempat. Salah satunya di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Di tempat pengungsian ini tercatat jumlah pengungsi sementara sebanyak 203 orang, puluhan diantaranya adalah anak-anak. Untuk mengisi waktu luang mereka selama di pengungsian sejumlah relawan mulai melakukan pendampingan. Selain mengajak anak lereng Merapi melakukan hal positif agar tidak jenuh, para relawan juga membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah yang diberikan secara daring. Pembelajaran daring dilakukan oleh para relawan, karena pada saat pagi hari, sebagian anak-anak pengungsi ditinggal oleh orang tuanya untuk kembali ke rumah yang berjarak 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi untuk mengurus ternak dan lainnya.

Selain anak-anak, para pengungsi dari kelompok rentan ini juga didominasi para lansia, yang bertahan di barak pengungsian hingga merapi melewati fase erupsi.
 

#GunungMerapi #Pengungsi #Relawan

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x