Kompas TV tekno gadget

Teknologi Terbaru Perangkat Musik: Pemancar Suara Personal, Tapi Bukan Headphones, Lho!

Kompas.tv - 12 November 2020, 23:45 WIB
teknologi-terbaru-perangkat-musik-pemancar-suara-personal-tapi-bukan-headphones-lho
SoundBeamer, perangkat audio keluaran Noveto Systems yang memancarkan suara ke dalam kepala dan telinga Anda tanpa penggunaan headphone. (Sumber: Noveto Systems via AP)
Penulis : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Bayangkan sebuah dunia di mana Anda bergerak dalam gelembung suara personal Anda. Anda bisa mendengarkan lagu favorit, memainkan games komputer dengan suara keras, menonton film atau mendapat arahan navigasi di mobil – semuanya tanpa mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Inilah kemungkinan yang ditawarkan oleh ‘SoundBeamer’ atau pemancar suara, sebuah teknologi audio futuristik baru dari Noveto Systems, sebuah perusahaan Israel. Jumat ini (13/11), Noveto akan memperkenalkan sebuah perangkat yang memancarkan suara langsung ke pendengar tanpa perlu menggunakan headphone.

Baca Juga: Kenali Teknologi "Geofencing" untuk Keselamatan Mitra Angkutan Online dan Penumpang

Seperti dilansir dari Associated Press yang berkesempatan menjajal perangkat teknologi baru bernama SoundBeamer 1.0 ini sebelum peluncurannya, sensasi mendengarkan suara ini seperti pengalaman film sci-fi. Suara 3 dimensi  (3-D) yang terdengar terasa sangat dekat hingga suara terasa seperti berada di dalam telinga, sekaligus di depan, di atas juga di belakang.

Noveto berharap, perangkat baru ini akan memiliki sejumlah kegunaan praktis, mulai dari mendengarkan music atau menggelar rapat virtual tanpa mengganggu rekan-rekan kerja, hingga memainkan game, menonton film atau konser musik tanpa mengganggu orang yang berada tepat di dekat pendengar.

Baca Juga: Lolos Uji Kominfo, iPhone 12 Siap Meluncur di Indonesia dalam Waktu Dekat

Ketiadaan penggunaan headphones berarti sangat memungkinkan untuk mendengarkan suara-suara lain yang ada di sekitar dengan jelas.

Teknologi perangkat SoundBeamer 1.0 ini menggunakan modul penginderaan 3-D dan melacak posisi telinga pengguna, lalu mengirimkan audio melalui gelombang ultrasonic untuk menciptakan kantong suara di telinga pengguna. Menurut Noveto, suara dapat didengar dalam mode stereo atau 3-D spasial yang menciptakan suara 360 derajat di sekitar pengguna.  

“Anda tidak mempercayainya karena produk ini seperti speaker, tapi orang lain tidak bisa mendengarkannya, cuma Anda yang bisa mendengarkan…,” terang Manajer Produk SoundBeamer Ayana Wallwater di Tel Aviv, Israel. Ia menambahkan, “Kebanyakan orang yang sudah menjajal perangkat ini bilang, “Wow, rasanya sungguh tidak masuk akal!””

Baca Juga: IPhone 12 Segera Bisa Dipesan di Singapura, Intip Dulu Harga dan Fitur Barunya

Dengan mengubah setting, suara juga bisa mengikuti pengguna bilamana pengguna menggerakkan kepala mereka. Pun, keluar dari lingkaran suara dan tidak mendengarkan suara sama sekali, yang menciptakan pengalaman imajinatif.

“Anda tidak perlu mengatakan pada perangkat ini di mana Anda berada. Ia tidak memancarkan suara ke satu titik saja. Ia mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi,” jelas Wallwater. “Jadi, perangkat ini perangkat personal Anda: mengikuti Anda dan memainkan suara apapun yang Anda inginkan dalam kepala Anda.”

“Inilah yang kita impikan,” tambah Wallwater. “Dunia di mana Anda mendengarkan suara yang Anda inginkan tanpa mengganggu orang lain. Pun, orang lain tidak terganggu oleh suara apapun yang tengah Anda dengarkan. Tapi, Anda masih bisa berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda.”

Baca Juga: Kisah Siswa Tak Punya Gadget, Pilih Belajar Sendiri di Sekolah

Direktur Utama Noveto Christophe Ramstein menyebut, perangkat yang memiliki kegunaan mirip headphone ini bukanlah headphone. “Ini bukan headphones karena pengguna memiliki kebebasan mendengarkan suara sambil melakukan apapun atau bergerak ke manapun yang diinginkan.”

Meskipun konsep pemancaran suara bukan hal baru, namun Noveto merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan teknologi ini. Dan, perangkat komputer SoundBeamer 1.0 akan menjadi produk pertama.

Ramstein menambahkan, prototipe perangkat dengan versi yang lebih kecil dan seksi akan siap diluncurkan bagi konsumen pada Natal tahun depan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x