Kompas TV regional berita daerah

Hasil Panen Petani Sulit Dipasarkan

Kompas.tv - 12 November 2020, 19:00 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Sebagai daerah agraris, Kabupaten Tegal, merupakan daerah yang memproduksi berbagai macam komoditas hasil pertanian. Selain padi, ada pula tanaman hortikultura yang tersebar di berbagai wilayah. Para petani di Tegal masih kesulitan dalam memasarkan hasil panen.

 

Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Tegal, toto subandriyo, menjelaskan, hasil pertanian selama ini cukup melimpah. Tidak hanya padi, tapi juga tanaman hortikultura. Komoditas hortikultura yang ada di Tegal antara lain bawang putih, aneka sayuran dan buah buahan diantaranya semangka.

 

Sementara ketua bidang kerjasama luar negeri DPP HKTI, Dewi Aryani menjelaskan, problem pemasaran bisa jadi akibat petani belum memahami teknologi dalam bertani, sehingga menghasilkan panen yang tidak maksimal. Langkah yang perlu ditempuh antara lain dengan membuat klaster-klaster tanaman sesuai dengan kondisi tanah.

 

Terkait soal pemasaran, HKTI ini telah membuat jaringan pemasaran untuk menyerap hasil panen petani. Tidak hanya di indonesia, HKTI juga tengah mengupayakan pasaran hasil bumi ke luar negeri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.