Kompas TV nasional hukum

Ini Kendala KPK Belum Bisa Dalami Laporan MAKI Soal Kasus Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Kamis, 12 November 2020 | 15:48 WIB
ini-kendala-kpk-belum-bisa-dalami-laporan-maki-soal-kasus-djoko-tjandra-dan-jaksa-pinangki
Kolase Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra. (Sumber: Kolase Tribunkaltim/istimewa dan Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membuka penyelidikan baru terkati kasus Djoko Tjandra belum membuahkan hasil.

Di sisi lain, Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) sudah bolak balik memberikan data seputar kasus Djoko Tjandra maupun Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Salah satunya mengenai dugaan keterlibatan pihak lain dalam di kasus gratifikasi Jaksa Pinangki. MAKI telah menyerahkan 200 halaman antara lain percakapan antara Pinangki dengan Anita Kolopaking yang menyebut istilah “Bapakmu-bapakku” dan “King Maker”.

Baca Juga: Majelis Hakim Telusuri Aliran Dana Di Kasus 'Red Notice' Djoko TJandra

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjelaskan KPK sudah dua kali meminta salinan dokumen perkara Djoko Tjandra kepada Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung.

Namun hingga saat ini salinan dokumen yang diminta belum didapat KPK. Dokumen tersebut, sambung Nawawi, dibutuhkan untuk menelaah dokumen yang dilaporkan MAKI.

Menurutnya melalui penelaahan tersebut, KPK dapat membuka peluang untuk mengusut dugaan tindak pidana korupsi yang belum tersentuh oleh Bareskrim dan Kejagung.

Penulis : Johannes Mangihot


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:41
SEJAK JANUARI 2021, POLDA METRO JAYA MENERIMA 10 LAPORAN POLISI & MENETAPKAN 15 TERSANGKA KASUS EKSPLOITASI ANAK   KEMENTERIAN PPPA MENGAPRESIASI UPAYA POLDA METRO JAYA DALAM MENGUNGKAP KASUS EKSPLOITASI ANAK   NOVEL BASWEDAN BERHARAP KAPOLRI BARU BISA UNGKAP KASUS PENYIRAMAN AIR KERAS TERHADAP DIRINYA   KOMPOLNAS DORONG POLISI PELAKU PENEMBAKAN DI CENGKARENG DIPIDANA DENGAN PASAL BERLAPIS   GUBERNUR ANIES BASWEDAN & RIDWAN KAMIL RAIH PENGHARGAAN TOKOH PEMBERDAYAAN 2020 DARI RUMAH ZAKAT   PEMDA YOGYAKARTA OPTIMISTIS SEKOLAH TATAP MUKA DAPAT DIGELAR PADA JULI 2021   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP VAKSINASI COVID-19 KEPADA AWAK MEDIA DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI PANTAU KEGIATAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP AWAK MEDIA YANG BERLANGSUNG DI STADION GBK, JAKARTA   DIREKTUR ICJR ERASMUS NAPITUPULU MINTA PEMERINTAH PRIORITASKAN VAKSINASI PADA LAPAS DAN RUTAN YANG PADAT   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI SEBUT PIHAKNYA TELAH MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 39 TAHANAN KASUS KORUPSI   WAPRES MA'RUF AMIN TARGETKAN SEBANYAK 1 JUTA WARGA DISUNTIK VAKSIN COVID-19 PER HARI   SATGAS COVID-19: 10 KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19 TERTINGGI DI INDONESIA, SOLO PERTAMA   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 853.745 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA, 1.461.920 DOSIS PERTAMA   HINGGA 25 FEBRUARI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.314.634, 1.121.411 SEMBUH, DAN 35.518 MENINGGAL DUNIA