Kompas TV regional berita daerah

Potret Kemiskinan Dampak Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 12 November 2020, 15:28 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Inilah salah satu potret kemiskinan yang dialami keluarga ni wayan cublik , di desa bunga mekar , pulau nusa penida kabupaten klungkung . Ni Wayan Cublik tinggal disebuah gubuk kecil berukuran kurang lebih 2 kali 3 meter,  yang kondisinya sangat memprihatinkan.

 

Selama ini ni wayan cublik selalu menunggu hasil kerja anaknya menjual kelapa muda untuk wisatawan yang datang berkunjung ke pulau nusa penida . Namun saat ini , sudah lebih dari delapan bulan sang anak tidak bekerja / dan menjadi petani penggarap di desanya .

 

Sehingga , untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari , ia terpaksa menunggu bantuan yang diberikan pemerintah daerah selama pandemi covid-19 ini , porak porandanya sektor pariwisata ditengah pandemi covid-19 ini sangat ia rasakan.

 

cg  1:  wayan cublik / warga miskin

terjemahan :

disini saja, bersama suami dapur disini tidur juga disini tidak punya lain lagi selain ini, sehari2 hanya keladang)

  

cg 2: kadek putra /warga miskin

(saat dulu cari2 kelapa, sekarang tidak ada kerjaan, sekarang pelihara sapi berat)

 

Pemerintah kabupaten klungkung dalam waktu dekat ini berencana membuatkan rumah layak huni sembari menunggu perekonomian kembali normal, pihaknya berharap aparat desa segera melapor dan merespon cepat kondisi masyarakat/ agara bisa segera diberi bantuan.

(bagi2 mereka yang tidak mampu beradaptasi dalam situasi patiwisata ini tentu seperti ini, beliau tinggal bertiga anaknya masih truna ditempatnya cuma segini, anaknya titik tidur, bapak ibunya disini, disini dapur tentu ini sanat tidak sehat, dan tentu saya juga menyayangkan ini sampai terjadi dari desa harus lebih kenceng usulkan warganya jangan sampai beralur2 sepeti ini, tugaskan dinas social untuk sgera rangani paling lambat 2021, kalo tidak saya akan ambil langkah lain apakah dg dana operasional saya sehingga bisa selayaknya, layak huni sehat 1 poin minimal untuk layak adalah tempat tiinggal).

 

Pemerintah daerah klungkung mengakui saat ini tingkat kemiskinan mengalami peningkatan akibat tidak adanya penghasilan yang sebelumnya banyak warga mengandalkan pariwisata .

#pandemi #kemiskinan #nusapenida



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.