Kompas TV regional berita daerah

Kuota Internet Lebih Hemat Saat Pandemi Covid-19 ala Pakar TI UGM

Kompas.tv - 12 November 2020, 14:54 WIB
kuota-internet-lebih-hemat-saat-pandemi-covid-19-ala-pakar-ti-ugm
Ilustrasi belajar online, pemerintah melalui Kemendibud akan memberikan kuota internet gratis selama 4 bulan. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pandemi Covid-19 yang memaksa orang memasuki kehidupan baru membuat konsumsi kuota internet meningkat tajam. Orang yang belajar atau bekerja dari rumah secara otomatis mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli kuota internet.

Pakar Teknologi Informasi UGM, Ridi Ferdiana, membagikan tips untuk menghemat kuota internet. Ia menyarankan penghematan kuota internet melalui dua pendekatan, yakni perangkat dan aplikasi.

“Pendekatan perangkat terkait dengan firtu bawaan pada komputer dan ponsel, biasanya pelajar dan mahasiswa menggunakan dua perangkat itu,” ujarnya dalam siaran pers UGM, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga: Disdik Kalbar Masih Tunggu Bantuan Kuota Internet untuk Beberapa Sekolah

Ia menyebutkan untuk menghemat kuota internet pada ponsel bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur penghemat data yakni data limit dan billing cycle. Kemudian, fitur auto sync, auto download, dan background data serta memperbarui aplikasi secara manual dan selektif.

Sementara pada komputer, penghematan kuota internet dapat dilakukan dengan mengaktifkan metered connection saat tethering, mengatur data limit, restrict background data, mematikan pembaruan, dan pengaturan sinkronisasi.

Baca Juga: SDN 31 Pontianak Barat Bagikan Kuota Internet Gratis untuk Siswa Belajar Online

Ridi menuturkan penghematan kuota data dengan pendekatan aplikasi. Caranya saat memakai aplikasi browser menggunakan kompresi data. Lalu, ketika menggunakan aplikasi video conference atau meeting mematikan video dan audio ketika tidak dibutuhkan.

"Kurangi resolusi video ke 720 pixel karena video resolusi tinggi atau HD cukup besar menyedot data dan bisa tidak menghemat kuota internet,” kata Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x