Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Fransiskus Berjanji Berantas Pelecehan Seksual di Gereja Katolik

Kamis, 12 November 2020 | 06:08 WIB
paus-fransiskus-berjanji-berantas-pelecehan-seksual-di-gereja-katolik
Dalam file foto 23 September 2015 ini, Paus Fransiskus akan memeluk Kardinal Uskup Agung Emeritus Theodore McCarrick di Katedral St.Matthew the Apostle di Washington, Amerika Serikat. Kini Paus Fransiskus berjanji untuk memberantas pelecehan seksual di gereja Katolik. (Sumber: Associated Press)

ROMA, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus berjanji untuk membebaskan gereja Katolik dari pelecehan seksual, Rabu (11/11/2020). Pernyataan ini dikeluarkan Paus satu hari setelah Vatikan merilis laporan rinci tentang gereja yang menutupi pelecehan seksual yang dilakukan Kardinal Theodore McCarrick selama puluhan tahun.

Dalam laporan penyelidikan Vatikan yang sangat mengejutkan, disebutkan bahwa sejumlah uskup, kardinal dan paus mengabaikan tumpukan bukti kesalahan McCarrick yang dimulai pada tahun 1990-an.

Laporan ini dirilis pada Selasa (10/11/2020), setelah Vatikan melakukan penyelidikan selama dua tahun.

Baca Juga: Keengganan Paus Fransiskus Memakai Masker Timbulkan Kekhawatiran

Dalam kasus ini, Paus Yohanes Paulus II juga disorot karena menunjuk Uskup Agung McCarrick dari Washington untuk menjadi kardinal, di tengah dugaan pelecehan seksual yang dilakukan McCarrick.

"Saya memperbaharui kedekatan saya dengan para korban pelecehan. Gereja berkomitmen untuk memberantas kejahatan ini," kata Paus Fransiskus seperti dilansir dari the Associated Press. Dia kemudian diam selama hampir satu menit dan terlihat seperti sedang berdoa.

Paus Fransiskus mencopot McCarrick yang berusia 90 tahun pada 2019, setelah penyelidikan yang dilakukan Vatikan menemukan dia melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan orang dewasa.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:39
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   GARDA REVOLUSI IRAN MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA TERHADAP TARGET DI SAMUDRA HINDIA   BRASIL KIRIM KEMBALI DOKUMEN UNTUK PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA SPUTNIK V BUATAN RUSIA   MENKEU PORTUGAL JOAO LEAO POSITIF TERINFEKSI KORONA   ITALIA MENANGGUHKAN PENERBANGAN DARI BRASIL ATAS TANGGAPAN JENIS BARU VIRUS KORONA   GOR SUDIRMAN DI GARUT, JABAR, DISEGEL KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   JEMBATAN PENGHUBUNG JALUR TRANS-KALIMANTAN DI KECAMATAN MATARAMAN, BANJAR, KALSEL TERPUTUS   PVMBG: SELAIN GUNUNG SEMERU, GUNUNG API ILE LEWOTOLOK DAN GUNUNG SINABUNG JUGA AKTIVITAS VULKANIKNYA MASIH TINGGI   BPBD JATIM IMBAU WARGA TIDAK BERAKTIVITAS DI AREA DALAM RADIUS 1 KILOMETER DARI PUNCAK GUNUNG SEMERU   SEMBILAN KECAMATAN DI PROBOLINGGO TERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK GUNUNG SEMERU   TIM SAR TERUS SISIR PENCARIAN KORBAN YANG TERJEBAK DALAM RERUNTUHAN GEMPA DI MAMUJU, SULAWESI BARAT   BNPB MINTA MASYARAKAT MAMUJU TAK TERPENGARUH ISU HOAKS SOAL GEMPA BUMI SULAWESI BARAT   PERTAMINA BANTU BAHAN BAKAR, SEMBAKO & ALAT KESEHATAN UNTUK DAERAH BENCANA DI KALSEL, MAJENE, DAN SUMEDANG   KEMENKES: ORANG TANPA GEJALA COVID-19 TETAP BISA DIBERI VAKSIN