Kompas TV internasional kompas dunia

Terpanggil Sejak Penembakan di Christchurch, Zeena Ali Jadi Polisi Berhijab Pertama di Selandia Baru

Kompas.tv - 11 November 2020, 16:37 WIB
terpanggil-sejak-penembakan-di-christchurch-zeena-ali-jadi-polisi-berhijab-pertama-di-selandia-baru
Terpanggil Sejak Penembakan di Christchurch, Zeena Ali Jadi Polisi Berhijab Pertama di Selandia Baru. (Sumber: dok. NZ Police)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zeena Ali, polisi perempuan Selandia Baru yang mengenakan hijab. Ia baru saja lulus dari sekolah kepolisian dan resmi menjadi polisi perempuan pertama yang mengenakan hijab.

Dulunya, Zeena bekerja sebagai customer service di sebuah perusahaan. Namun, ia merasa terpanggil untuk mengabdi pada negara semenjak ada teror penembakan di Christchurch yang terjadi pada Maret 2019.

"Saat terjadi teror penembakan di Christchurch, di situlah saya merasa bahwa harus ada perempuan muslim yang bertugas di kepolisian, membantu dan memberikan dukungan untuk orang-orang muslim lainnya di saat genting," ungkap Zeena.

Perempuan berusia 30 tahun ini bahkan diberikan kesempatan untuk mendesain sendiri seragam kepolisiannya. Hal ini bertujuan agar saat dikenakan tetap sesuai dengan pekerjaannya sebagai polisi, namun juga sesuai dengan kaidah berbusana dalam Islam.

Kepada The Herald, Zeena mengatakan bahwa proses desain seragam polisi ini sudah dilakukannya sebelum ia masuk ke sekolah kepolisian dan selesai diproduksi sebelum ia disumpah sebagai polisi.

"Senang sekali rasanya bisa bekerja sebagai polisi Selandia Baru dengan mengenakan hijab sebagai bagian dari seragam saya. Dengan banyak orang yang melihat saya berhijab dan berseragam polisi, semoga semakin banyak perempuan lainnya yang ingin menjadi polisi," cerita Zeena Ali.

Menyandang gelar sebagai polisi perempuan berhijab, Zeena mengungkapkan bukan menjadi hal yang diistimewakan.

Menurutnya setiap perempuan bisa mendapat kesempatan untuk bekerja sesuai dengan keinginannya, terlepas dari keyakinan dan budayanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x