Kompas TV nasional update corona

282 Dokter dan Perawat Meninggal akibat Corona Sejak Maret-November, Ini Rinciannya

Kompas.tv - 10 November 2020, 18:56 WIB
282-dokter-dan-perawat-meninggal-akibat-corona-sejak-maret-november-ini-rinciannya
Ilustrasi: jenazah pasien Covid-19. (Sumber: THINKSTOCK)
Penulis : Fadhilah

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 282 petugas medis dan kesehatan wafat akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) sejak Maret hingga November.

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi. 

"Yang terdiri dari 159 dokter dan 9 dokter gigi, dan 114 perawat," ujar Adib dikutip dari siaran pers IDI via Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Update Corona 10 November: Bertambah 3.779 Kasus Baru, Total Positif Jadi 444.348

Para dokter yang wafat tersebut terdiri dari 84 dokter umum, 73 dokter spesialis, serta 2 residen yang berasal dari 20 IDI Wilayah (provinsi) dan 71 IDI Cabang (kota/kabupaten).

Lebih lanjut, Adib memaparkan, menurut data provinsi, jumlah kematian dokter tercatat paling banyak terjadi di Jawa Timur (36 dokter).

Kemudian disusul DKI Jakarta (26 dokter), Sumatera Utara (24 dokter), Jawa Barat (12 dokter), Jawa Tengah (11 dokter), Sulawesi Selatan (7 dokter), Banten (6 dokter), Bali (5 dokter), dan Kalimantan Timur (5 dokter).

Selanjutnya, Aceh (5 dokter), Riau (4 dokter), Kalimantan Selatan (4 dokter), Sumatera Selatan (3 dokter), Kepulauan Riau (3 dokter), DI Yogyakarta (2 dokter), Nusa Tenggara Barat (2 dokter), Sulawesi Utara (2 dokter), Papua Barat (1 dokter), Sumatera Barat (1 dokter), Bengkulu (1 dokter), dan masih ada satu dokter menunggu verifikasi.

"Dalam situasi pandemi saat ini, para petugas medis dan kesehatan adalah pahlawan dalam arti sebenarnya. Mereka berani dan kuat pada saat ketakutan," kata Adib.

"Mereka muncul setiap hari untuk melawan virus corona, bahkan sering kali dengan membahayakan kesehatan mereka dan keluarga mereka. Bahkan tidak sedikit yang kehilangan nyawa karenanya," lanjutnya.

Baca Juga: Jerinx Sebut Dokter Tirta Diancam IDI Bali untuk Tak Jadi Saksi Meringankan

Oleh karena itu, paling tidak yang bisa masyarakat lakukan adalah mematuhi protokol kesehatan dan memberikan dukungan moral dan mental. Hal itu diharapkan bisa membantu mereka melewati krisis saat ini dan seterusnya.

"Dan kami juga berharap, pemerintah turut mengapresiasi pengorbanan setiap tenaga medis dan kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19 ini dengan memberikan jaminan kesehatan dan kesejahteraan dari negara," tegas Adib.

"Baik kepada tenaga medis dan kesehatan yang masih menjalankan tugasnya, maupun yang sedang dirawat, dan juga yang sudah wafat," tuturnya.

Dia menambahkan, apresiasi dari pemerintah dan masyarakat merupakan booster dan vitamin yang kuat untuk meningkatkan ketahanan mental para tenaga medis dan petugas kesehatan.

Baca Juga: Dampak Covid-19 Sebabkan Banyak Orang Jadi Pengangguran

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x