Kompas TV regional berita daerah

Stok Darah Minim, Warga Tetap Aman Donor Darah di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 10 November 2020, 14:16 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung, menyebut saat ini ketersediaan stok darah menipis sejak pandemi Covid-19 merebak.

Hal ini terjadi lantaran berkurangnya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah di tengah ancaman pandemi Covid-19. Dampak ini mulai dirasakan sejak awal pandemi merebak.

PMI Lampung mengatakan saat ini kondisi stok darah sangat minim, sementara kebutuhan dan permintaan tetap ada dari sejumlah rumah sakit di Lampung.

Baca Juga: Usai Nongkrong, Seorang Remaja Jadi Korban Pengeroyokan Geng Motor

Kepala PMI Lampung, M Aditya M Biomed mengatakan saat ini PMI Lampung mengakomodir sekitar 20 rumah sakit di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Namun, saat pandemi ini PMI hanya mampu menyediakan 20-30 persen stok darah, padahal permintaan darah di setiap rumah sakit mencapai 100-120 kantong per hari. 

Baca Juga: Geger, Warga Temukan Jasad Bayi di Area Mushola

Minimnya ketersediaan darah diakui lantaran partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah berkurang. Demi menjaga ketersediaan stok darah, PMI Lampung tetap membuka pelayanan donor darah selama 24 jam setiap minggunya. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa kembali melakukan donor darah. 

Warga diimbau tidak khawatir untuk melakukan donor darah, karena proses yang dilakukan saat ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar masyarakat tetap aman dan nyaman saat melakukan donor darah.

#PMI #donordarah #covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.