Kompas TV nasional politik

Survei Elektabilitas: Prabowo Subianto dan PDI Perjuangan Tertinggi, Ada Nama Ustaz Abdul Somad

Kompas.tv - 9 November 2020, 21:51 WIB
survei-elektabilitas-prabowo-subianto-dan-pdi-perjuangan-tertinggi-ada-nama-ustaz-abdul-somad
Hasil survei elektabilitas calon presiden 2024 lembaga survei Populi Center. (Sumber: populicenter.org)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selain mengeluarkan survei kinerja pemerintah dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Populi Center juga melakukan survei elektabilitas calon presiden 2024 dan partai politik.

Untuk hasil survei elektabilitas calon presiden 2024, tokoh yang diharapkan masyarakat adalah Prabowo Subianto.

"Dalam pertanyaan semi terbuka terkait elektabilitas, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling diharapkan oleh masyarakat sebagai calon presiden pada tahun 2024 dengan 18,3 persen," tulis siaran pers Populi Center, dikutip dari Populicenter.org, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Hasil Survei: Prabowo Subianto Jadi Menteri Terbaik Jokowi, Disusul Nadiem Makarim

Urutan kedua terdapat nama Ganjar Pranowo dengan 9,9 persen. Pada posisi ketiga terdapat nama Anies Baswedan dengan 9,5 persen.

Secara mengejutkan, terdapat nama Ustaz Abdul Somad dengan 6,2 persen. Sementara di urutan lima terdapat Ridwan Kamil dengan 5,8 persen.

Adapun tokoh-tokoh lain yang memiliki cukup populer, mendapat angka di bawah 5 persen. Seperti Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Gatot Nurmantyo, Erick Thohir, Sri Mulyani, Puan Maharani, dan masih banyak tokoh lainnya.

PDI Perjuangan Masih dengan Elektabilitas Tertinggi

Dalam elektabilitas partai politik, hasil survei Populi Center mendapatkan hasil, PDI Perjuangan (PDIP) memperoleh persentase jauh lebih tinggi dibanding partai-partai lain. Yakni 18,4 persen.

Sementara partai lain di bawah 10 persen. Salah satunya Golkar yang berada di urutan kedua dengan 8,2 persen.

"Hasil survei menunjukkan bahwa PDIP masih unggul dibandingkan dengan partai lain dengan selisih lebih dari 10 persen dari Golkar di posisi kedua," tulis Nurul Fatin Afifah, peneliti Populi Center.

Partai lainnya, Gerindra dengan 7,8 persen, PKS dengan 6,8 persen, PKB dengan 6,2 persen, dan Demokrat dengan 6,2 persen.

Pada temuan survei itu, data di atas menunjukkan bahwa terdapat enam partai yang mendapat persentase elektabilitas di atas 4 persen.

Baca Juga: Survei: Masyarakat Puas & Bangga dengan Kinerja Setahun Jokowi, Kecuali Kinerja Ma'ruf Amin

Sementara partai yang mendapat persentase di bawah 4 persen, yakni PPP dengan 3,4 persen, Nasdem dengan 2,6 persen, PAN dengan 2,1 persen, Perindo dengan 1,0 persen.

"Meski demikian, hasil survei menunjukkan penurunan suara dari partai PDIP, Gerindra, Golkar, dan PKB dibandingkan hasil survei pada bulan November 2019."

"Di sisi lain, hasil survei menunjukkan peningkatan suara pada partai Demokrat dan PKS."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.