Kompas TV TALKSHOW vvip

Dari Jenderal Hingga Gubernur Ini Kisah Hidup Sutiyoso - VVIP

Kompas.tv - 9 November 2020, 09:37 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

JAKARTA,KOMPAS.TV - Merupakan anak ke 6 dari 8 bersaudara, terlahir dari keluarga yang sederhana, dan kerap kalo membuat ulah diantara teman - teman semasa mudanya tak di sangka Sutiyoso yang dikenal akrab dengan Bang Yos menjadi seorang Jendral. 

Tidak berhenti disitu, beliau juga kerap menjadi Gubernur untuk Era 5 Presiden. Masih banyak pengalaman Bang Yos yang menginspirasi masyarakat, saksikan selengkapnya di VVIP bersama Sutiyoso, Sabtu 7 November 2020, pukul 14.00 hanya di Kompas TV.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr.(H.C.) H. Sutiyoso (lahir di Semarang, 6 Desember 1944 umur 75 tahun), atau lebih dikenal sebagai Bang Yos, adalah seorang politikus dan tokoh militer Indonesia.

Ia menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 Juli 2015, hingga resmi digantikan oleh Budi Gunawan pada tanggal 9 September 2016.

Sutiyoso pernah menjabat sebagai Gubernur Jakarta selama dua periode, sejak tanggal 6 Oktober 1997 hingga tanggal 7 Oktober 2007, dan digantikan oleh Fauzi Bowo, wakilnya, yang memenangi Pilkada DKI 2007.

Sebagai gubernur, Sutiyoso adalah tokoh yang cukup menarik. Sepanjang dua periode menjadi gubernur, ia sering mengundang kontroversi ketika menggulirkan kebijakan. Kritikan terhadap proyek angkutan umum busway, proyek pemagaran taman di kawasan Monas Jakarta Pusat, dan sejumlah proyek lainnya. Pada tanggal 1 Oktober 2007, ia mengumumkan bahwa dirinya akan maju sebagai calon presiden Indonesia pada Pemilu Presiden 2009. Pada tanggal 10 Juni 2015, ia ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon Kepala BIN menggantikan Marciano Norman. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x