Kompas TV video cerita indonesia

Ini Pidato Terawan Saat Konferensi Virtual WHO

Kompas.tv - 7 November 2020, 15:40 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memenuhi undangan WHO untuk hadir dalam konferensi virtual, Jumat (6/11/2020).

Terawan diundang WHO untuk memberikan pemaparan penanganan Covid-19 di Indonesia dengan menerapkan review intra aksi (intra action review/IAR) yang direkomendasikan WHO.

Ia menjelaskan tentang sembilan pilar yang menjadi dasar penerapan review intra aksi (intra action review/IAR) yang dilakukan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan rekomendasi IAR dari WHO sebagai metode monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19.

Sembilan pilar itu, menurut Terawan, menjadi kunci yang mendukung peningkatan koordinasi dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Pertama, komando dan koordinasi, lalu komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat, kemudian surveilans dan memperkuat tim investigasi, " ujar Terawan.

"Selanjutnya, pengawasan transportasi internasional, penguatan laboratorium, kontrol infeksi, manajemen kasus, dukungan logistik dan operasional, serta manajemen pelayanan kesehatan," jelasnya.

Dia melanjutkan, kunci penanganan Covid-19 di Indonesia pun tidak lepas dari kerja sama pemangku kepentingan, baik pusat, pemda, aparat keamanan, tenaga kesehatan dan masyarakat.

"Kerja sama dan partisipasi semua pihak merupakan kunci penanganan Covid-19. Seluruh stakeholder mendukung penanganan Covid-19 berdasarkan rekomendasi IAR dari WHO," tambahnya.

IAR Covid-19 adalah semacam tool evaluasi dan monitoring dalam penanganan Covid-19.

Dalam IAR Covid-19 Indonesia, misalnya, akan terlihat mana yang sudah diimplementasikan, mana yang masih butuh pengembangan, dan mana yang sama sekali belum diimplementasikan Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x