Kompas TV regional berita daerah

Aksi Tanam 1000 Pohon Di Kawasan Rawan Longsor

Kompas.tv - 7 November 2020, 14:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Guna mengatasi seringnya terjadi longsor di kawasan perbukitan Silo, Jember, Jawa Timur, jajaran Kodim 0824 Jember, menggelar aksi menanam seribu pohon. Kegiatan ini sekaligus untuk mengedukasi warga akan pentingnya melestarikan tanaman penguat tanah, agar terhindar dari musibah longsor.

Aksi tanam seribu pohon ini dilakukan di kawasan perbukitan Silo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Di kawasan ini kerap terjadi bencana tanah longsor yang membahayakan masyarakat maupun lingkungan di sekitarnya.

Ada seribu pohon jenis tanaman keras yang ditanam di lahan seluas 5 hektar, seperti Durian, Alpukat, Kelengkeng dan Sirsak. Selain berfungsi menguatkan struktur tanah, pemilihan tanaman jenis ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. La Ode Muhammad Nurdin, aksi ini sebagai bagian dari upaya pengendalian lingkungan dan antisipasi bencana tanah longsor memasuki musim penghujan.

Baca Juga: Antisipasi Longsor, Bumi Perkemahan Ditanami Pohon  

Dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan, aksi ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman akan pentingnya melestarikan lingkungan. Masyarakat dihimbau untuk tidak menebang hutan secara ilegal karena  dapat merusak dan menjadi penyebab bencana longsor.

 

#Tanam1000Pohon #PerbukitanSilo #RawanLongsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x