Kompas TV internasional kompas dunia

Kemlu Fasilitasi Kepulangan 157 ABK WNI di Kapal Ikan RRT Sesuai Protokol Covid-19

Sabtu, 7 November 2020 | 13:18 WIB
kemlu-fasilitasi-kepulangan-157-abk-wni-di-kapal-ikan-rrt-sesuai-protokol-covid-19
Pemulangan 157 ABK WNI dari Kapal Ikan RRT Melalui Jalur Laut di Bitung, Sulut (Sumber: Kementerian Luar Negeri)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung, memfasilitasi kepulangan 157 ABK WNI termasuk 2 jenazah yang bekerja untuk berbagai kapal ikan berbendera RRT, melalui jalur laut ke Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia. 

Ratusan ABK itu bekerja di 12 kapal ikan milik Dalian Ocean Fishing Co, perusahaan asal China yang berpusat di Zhongshan, Dalian.

"Seluruh ABK yang berasal dari 12 kapal ikan RRT dipulangkan ke Indonesia, menggunakan Kapal Long Xing 601 dan Long Xing 610," seperti yang tertulis dalam keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri pada Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga: ABK Kapal Tenggelam Ditemukan Tewas

Proses pemulangan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh ABK telah menjalani rapid test di atas kapal dengan hasil non-reaktif. 

Selanjutnya, mereka menjalani tes PCR dan karantina di rumah singgah yang disiapkan Pemprov Sulut, yang terletak di Kantor Badan Diklat Provinsi Sulut di Maumbi, Minahasa Utara. 

Sementara itu, 2 jenazah ABK WNI yang diduga meninggal karena sakit akan jalani proses autopsi sebelum diserahkan kepada keluarga.

Penulis : Akbar Prabowo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:17
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   TIM DVI POLRI BERHASIL MENGIDENTIFIKASI SATU LAGI KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENTERIAN PUPR GENCARKAN GERAKAN BANGUN RUMAH SUBSIDI BERKUALITAS   WAMENKES: VAKSIN SINOVAC YANG BARU TIBA DIPERUNTUKKAN BAGI PELAYAN PUBLIK DAN LANSIA   KETUA SATGAS DONI MONARDO OPTIMISTIS PANDEMI COVID-19 BISA TERKENDALI PADA 17 AGUSTUS 2021   KETUA SATGAS DONI MONARDO: MAYORITAS KASUS KEMATIAN COVID-19 BERASAL DARI PENDERITA KOMORBID   KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA PEMERINTAH LINDUNGI PELAKU BUDAYA DAN PARIWISATA DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19   KPK DALAMI DUGAAN KORUPSI GUBERNUR SULSEL NURDIN ABDULLAH MENGALIR KE DANA KAMPANYE PILKADA   MENSOS TRI RISMAHARINI KUKUHKAN PENGURUS NASIONAL KARANG TARUNA NASIONAL PERIODE 2020-2025   PEMKAB BULELENG, BALI, TARGETKAN PEMBERIAN VAKSIN KEPADA 7.500 ORANG, TERMASUK ASN DAN TNI-POLRI   WAKIL MENTERI KESEHATAN SEBUT SEMUA VAKSIN YANG DIPESAN PEMERINTAH AKAN PENUHI VAKSINASI 186 JUTA RAKYAT INDONESIA   WAKIL MENTERI KESEHATAN: SELAIN DARI SINOVAC, PEMERINTAH MASIH TUNGGU VAKSIN DARI PFIZER, ASTRAZENECA, DAN NOVAVAX   SAAT INI SUDAH 38 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 YANG DITERIMA PEMERINTAH RI DARI PEMESANAN 185 JUTA DOSIS VAKSIN SINOVAC   PEMAKAMAN JENAZAH COVID-19 DI TPU BAMBU APUS SAAT INI CAPAI 1.150 PETAK, DARI 1.200 PETAK MAKAM YANG TERSEDIA