Kompas TV regional berita daerah

Bangkit Usai Terdampak Pandemi, Pelaku UMKM Lirik Potensi Usaha Pembuatan Masker dan Face Shield

Sabtu, 7 November 2020 | 02:33 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Dampak Covid-19 juga menghantam usaha kecil warga, seperti yang dialami Noor Asyiah yang sempat menggeluti usaha kuliner.  Namun, ia dan rekan-rekannya yang tergabung dalam kelompok usaha kecil dan menengah tak mau menyerah. Menyesuaikan dengan keadaan, ide pun lahir. 

Noor Asyiah akhirnya memilih banting stir menjadi pembuat masker dan face shield. Saat ini, ia serta didukung oleh 36 anggota binaannya yang merupakan para ibu dan tetangganya mampu membuat 1000 masker dan 400 face shield dalam sehari. 

Baca Juga: Pesan Ibu Polwan Peduli Protkes : Jaga Mulai Dari Keluarga

Noor Asyiah juga selalu mengingatkan rekan-rekannya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan usaha ini seperti mencuci tangan sebelum masuk ke tempat kerja dan menggunakan masker saat bekerja dalam pembuatan masker dan face shield.  

“Selama pandemi, kami juga membuat masker. Jadi setiap kali kerja kami siapkan di depan untuk cuci tangan dulu, menggunakan masker, dan boleh juga memakai face shield. Sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Noor Asyiah. 

Baca Juga: Atasi Kekurangan Trombosit, UTD PMI Banjarmasin Kini Layani Donor Apheresis

Selain hasil kerajinan tangan yang bermanfaat di masa pandemi Covid 19 saat ini, Noor Asyiah, wanita dengan 3 buah hati ini juga berhasil membuat penghasilan tambahan bagi ibu-ibu yang ada di sekitar rumah. Hasil kerajinan masker dan face shield UMKM Kruing ini bahkan telah dipesan hingga luar daerah, seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta. 

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:50
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA